Pantas Saja Paling Dicari di Jogja, Ternyata Ini Dia Rahasia Nikmatnya Kopi Joss

Wisatakuliner.org, Yogyakarta – Jika gudeg adalah makanan khusus yang selalu melekat pada Kota Jogja, maka untuk minuman, kopi joss adalah yang paling dicari pengunjung kota wisata ini. Tidak hanya itu, warga Jogja sendiri juga suka kopi joss.

Tidak mengherankan, kopi yang disajikan dengan cara unik ini sering menjadi incaran wisata kuliner banyak orang. Apa rahasianya?

Jika penjual kopi biasanya menuangkan minuman dalam gelas dan kemudian menyajikannya kepada pelanggan, tidak seperti kopi khas Jogja, penjual mencelupkan arang panas ke dalam kopi. Istilah kopi joss sendiri diambil dari suara “joss” ketika arang dimasukkan ke dalam kopi.

https://www.instagram.com/p/Bk2hdOqnMaO/

Namun tidak perlu khawatir, arang dalam kopi joss konon memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Arang yang dibakar pada suhu 250 derajat biasanya akan berubah menjadi karbon aktif yang mengikat racun di dalam tubuh.

Arang yang digunakan untuk kopi joss bukan sembarang arang. Dilaporkan oleh Guideku.com – jaringan SuaraJogja.id, arang harus berasal dari jenis kayu sambi dari Kalimantan. Itulah rahasia di balik kopi joss yang lezat. Sejauh itu, begitu populer dengan wisatawan lokal dan asing, minuman ini juga memiliki nama panggilan yang keren: kopi arang.

Biasanya penjual kopi joss tidak hanya menjual minuman, tetapi juga berbagai kuliner unik lainnya dari Jogja, dari sate kere hingga nasi kucing tersedia di penjual kopi joss.

Tidak mau membuat kantong kering, harga makanan dan minuman yang disediakan oleh penjual kopi joss biasanya sangat murah. Dengan hanya uang tunai Rp15.000, Anda sudah bisa merasakan bahwa Jogja begitu istimewa hanya dengan makan nasi kucing dan minum kopi yang enak.