Resep Kuliner Sate Kambing Buntel Khas Solo

Wisatakuliner.org- Bumbu sate kambing ini bisa dipakai untuk membuat sate khas kota Solo. Sate ini biasa disebut dengan sate buntel, komposisinya sendiri berupa daging kambing segar yang dicincang kemudian dibungkus lembaran lemak.

Sate yang ada di Indonesia memang banyak jenisnya, salah satunya termasuk satu buntel khas kota Solo yang juga merupakan makanan favorit Presiden Jokowi. Sate buntel ini tak seperti sate kambing biasanya, penyajian dan cara membuatnya juga berbeda. Sesuai namanya sate buntel dalam arti bahasa indonesianya adalah sate dibungkus. Sate buntel mempunyai ciri khas dengan dibungkus lapisan lemak muda. Komposisinya berupa cincangan daging kambing segar yang mempunyai tekstur gurih. Sate buntel harus dimakan saat masih panas.

Masyarakat Solo dan sekitarnya pasti sudah tidak asing dengan kuliner satu ini, karena sate buntel sudah banyak dijajakan di Solo. Bahkan ada beberapa penjual sate yang terkenal dengan racikannya yang mempunyai cita rasa tersendiri, sampai-sampai orang nomor satu di Indonesiapun menjadi pelangan setianya. Jika anda bingung mengolah daging kambing pada saat Idul Adha mungkin sate buntel bisa menjadi pilihan anda.

Berikut resep dan bumbu sate buntel khas Solo :

Bahan :
– 500 g daging kambing
– Lemak kambing
– Tusuk sate

Bumbu yang dihaluskan :
– 6 butir bawang merah
– 5 siung bawang putih
– ½ sendok teh merica butiran
– 1 sendok teh garam
– 10 g gula jawa

Bahan tambahan :
– 2 buah tomat merah (diiris kasar)
– 100 g daun kol (iris kasar)
– 20 cabai rawit (iris kasar)

Cara membuat :

1. Cincang daging kambing hingga halus
2. Aduk daging kambing halus dengna bumbu halus hingga rata
3. Bagi menjadi 8-10 bagian
4. Satukan dua tusuk sate bambu yang lebar, balutkan adonan daing kambing hingga menutupi tusuk sate hingga berbntuk bulat panjang.
5. Bungkus dengan lapisan lemak yang tipis
6. Bakar diatas bara api arang hingga lemak meleleh dan agak kering
7. Angkat, sajikan hangat bahan tambahan