3 Tumis Daging Sapi Ala Jepang dan Korea

Wisatakuliner.org- Daging sapi yang didapat pada saat Idul Adha enak untuk dijakan tumisan ala negara Jepang dan Korea. Bahanya pun sangat mudah ditemui dan simpel untuk dibuat. Jika mendapatkan daging sapi saat Idul Adha anda bisa mencoba untuk mengolahnya dengan masakan-masakan yang belum pernah anda coba.

Anda bisa mencoba untuk membuat hidangan lainnya yang mudah dibuat dan rasanya enak. Salah satu hidangan khas Jepang dan Korea, daging sapi bisa diolah menjadi tumisan praktis yang rasanya enak seperti teriyakim yakiniku dan bulgogi. Bumbu dari ketiga masakan tersebut juga sangat mudah untuk didapatkan dan juga tanpa menggunakan santan jadi tidak akan memakan waktu yang lama.

Berikut 3 tumisan daging sapi ala Jepang dan Korea

1. Teriyaki

Teriyakui sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia, karena teriyaki sudah banyak dipasarkan oleh banyak restoran Jepang sebagai menu andalan. Teriyaki sendiri berupa daging sapi yang diolah menggunakan bumbu manis. Bumbu yang digunakan adalah kecap shoyu, bawang putih (diparut), jahe perut, air jeruk lemon, buah apel dan pir parut, dan garam. Sebelum ditumis, biasanya daging sapi direndam dalam bumbu terlebih dahulu selama kurang lebih satu jam. Setelah itu baru kedalam wajan.

Kemudian masukan irisan bawang bombai dan masak hingga layu atau bening. Kemudian masukkan daging berikut bumbu perendamnya dan masak hingga daging matang. Jika sudah matang dan berubah warna, jangan lupa tambahkan paprika merah atau hijau. Lalu masak lagi sampai paprika tersebut layu, sajikan dan berikan taburan biji wijen agar makin lezat.

2. Yakiniku

Masakan tumisan lainnya yang bisa anda coba adalah yakiniku. Makanan ini berasal dari Jepang dan sekilas ketika dihidangkan akan mirip dengan teriyaki. Yakiniku bisa dimasak dengan dua pilihan, bisa ditumis dan juga bisa di panggang. Bumbu yang digunakan pada yakiniku juga tidak terlalu manis, seperti halnya pada masakan teriyaki. Bahkan lebih cenderung gurih dan pedas karena ada bumbu merica bubuk dan cabai merah bubuk. Untuk membuatnya anda harus menyiapkan daging sapi yang diiris memanjang.

Kemudian irisan daging sapi tersebut direndam dalam bumbu terlebih dulu selama satu jam. Bumbu yang digunakan berupa kecap asin, minyak wijen, cabai merah bubuk, bawang putih (diparut), air jeruk nipis dan merica bubuk. Kemudian tumis dalam wajan hingga matang dan sajikan dengan nasi hangat. Jika anda ingin makan yakiniku ala restoran bisa tambahkan sayuran pelengkap yakni salad kol dan wortel.

3. Bulgogi

Selanjutnya ada bulgogi yang merupakan tumisan daging ala Korea. Bentuknya mirip dengan teriyaki khas Jepang namun lebih kering. Sebelum ditumis di atas wajan telfon, daging sapi untuk bulgogi ini harus direndam dulu selama beberapa jam hingga bumbu meresap. Buah pir menjadi kunci utama agar bulgogi yang anda buat rasanya manis. Buah pir tersebut diparut sampai halus kemudian dicampurkan dengan bumbu berupa minyak wijen, kecap, gula pasir, bawang putih (dicincang), jahe (dicincang), irisan bawang bombai, daun bawang, cabai merah bubuk dan merica bubuk.

Step selanjutnya, daging sapi yang dibumbui silahkan anda tunggu terlebih dahulu di dalam kulkas. Setelah bumbu meresap, anda bisa langsung menumis didalam wajan teflon. Masak hingga daging sapi berubah warna dan matang, Kemudian hidangkan bulgogi untuk dimakan dengan masi putih.