Kuliner Enak di Jalur Mudik Cirebon – Brebes

Wisatakuliner.org- Ketika anda sedang melakukan perjalanan mudik Idul Adha tahun ini melalui jalur mudik Cirebon-Brebes anda bisa singgah sebentar untuk menikmati beberapa tempat kuliner yang enak.

Mencoba tempat kuliner pada saat melakukan perjalanan mudik memang asik, apalagi jika anda berkunjung ke tempat kuliner tradisional di warung-warung yang sudah lama dikenal dengan cita rasanya. Di sepanjang jalue mudik Cirebon-Brebes terdapat beberapa tempat kliner yang sayang untuk anda lewatkan.

Banyak tempat yang bisa anda jadikan tujuan untuk singgah guna mengisi perut anda, anda akan dimanjakan mulai dari kuliner sate, empal gentong hingga olahan nasi. Saat mampir, kamu harus bersabar karena tempat makan di jalur mudik tersebut banyak diminati oleh para pemudik, sehingga anda harus sabar mengantri.

Berikut 5 tempat kuliner yang berada di jalur Cirebon-Brebes :

1. Warung Sate Pak H. Jahid Putri

Ketika melewati kabupaten Brebes tepatnya di jalan H Muchlas mungkin kuliner sate ini harus anda coba. Warung ini banyak dikenal banyak orang dengan nama Warung Sate Pak Jahid Putri. Disini anda akan disuguhkan dengan berbagai macam olahan daging kambiing, seperti sate, gule hingga sop.

Daging yang digunakan merupakan kambing yang masih muda. Warungnya sudah sejak lama berdiri, kurang lebih sudah 26 tahun. Soal rasa sudah tidak perlu diragukan lagi, dalam satu hari waqrung ini selalu menghabiskan empat ekor kambing. Namun saat musim arus balik mudik, warung ini bisa menghabiskan 15-20 ekor kambing per hari.

Alamat : Jalan H Muchlas 220, Brebes , Jawa Tengah
Jam Operasional : 08.00 sampai 20.00

2. Empal Gentong Mang Darma

Tak kalah populer, warung makan bersama Emapl Gentong Mang Darma ini juga sering jadi langanan para pemudik yang melintasi Cirebon. Sesuai namanya, warung ini menyediakan empal gentong yang lezat. Selain empal gentong, anda juga bisa memesan menu lainnya seperti empal asem, tahu gejrot yang juga merupakan makanan khas Cirebon hingga olahan daging kambing, seperti sate dan sop.

Alamat : Jalan Slamet Riyadi No,1, Cirebon, Jawa Barat
Estimasi Harga : 10.000 hingga 25.000

3. Nasi Jamblang Ibu Nur

Warung makan Nasi Jamblang Ibu Nur bisa menjadi salah satu pilihan anda ketika sedang melalukan perjalanan mudik di jalur Cirebon. Warung ini menyediakan nasi jamblang sebagi menu andalannya, nasi jamblang memang merupakan makanan khas Cirebon. Berbagai lauk yang disediakan akan disajikan secara prasmanan, jadi anda bisa memilih lauk sesuai dengan keinginan anda sendiri.

Penyajiannya menggunakan daun jati memberi ciri khas tersendiri untuk nasi jamblang ini. Walau sederhan, namunn warung nasi jamblang ini sudah sangat populer di kalangan pemudik yang melakukan perjalanan mudik Cirebon-Brebes.

Alamat : Jalan Cengkaring No.45, Cirebon, Jawa Barat
Jam Operasional : 07-00 sampai 21.00

4. Nasi Lengko H Barno

Tidak jaduh dari warung nasi jamblang, terdapat kuliner yang bisa anda kunjungi yakni Nasi Lengko H Barno. Seperti namanya warung ini menyediakan nasi lengko yang bisa disebut dengan sega lengko makanan khas masyarakat pesisir pantai utara. Makanan ini hanya dihidangkan dengan nasi putih dengan berbagai lauk.

Untuk pilihan menu lauk anda bisa menikmati tahu, tempe, timun, tauge, daun kucai, bumbu kacang. Warung Nasi Lengko H Barno juga dikenal sejak dulu, warung ini sudah dibuka sejak tahun 1968 dan selalu ramai didatangi pengunjung. Bahkan warung ini memiliki daya tampung hingga 100 orang.

Alamat : Jalan Pagongan No 15B, Cirebon, Jawa Barat
Jam Operasional : 08.00 sampai 22.00

5. Kupat Blegong Kasturi Rajak

Identik dengan menu sate kambing, warung di perlintasan jalur mudik Cirebon juga tedapat warung sate yang berbeda. Sate yang dihidangkan ialah sate entok, jika anda belum pernah merasakan sate entok maka anda harus mencobanya ketika anda melakukan perjalanan mudik Cirebon-Brebes. Sate entok ini sebenaranya teksturnya hampir sama dengan daging bebek, namun lebih lembut ketika dimakan.

Untuk menyantap sate blengong ini biasanya disajikan dengan ketupat, jika anda terarik, anda harus mampir ke warung ini. Warung yang sudah sangat populer ini selalu dipenuhi penhunjung, terutama pada saat musim lebaran. Jadi anda harus sabar mengantri untuk mencoba sate unik satu ini.

Alamat : Jalan KH Hasyim Ashari
Jam Operasional : 03.00 sampai 19.00