Resep Semar Mendem Mozzarella Yang Lembut dan Lumer di Mulut

Wisatakuliner.org – Kalau di lihat sekilas makanan ini seperti lemper. Namun, sebenarnya ini merupakan semar mendem. Salah satu makanan khas Yogyakarta ini cocok jika di sajikan untuk sarapan atau pengganjal lapar.

Nah bagi kamu yang mau mencicipi semar mendem yang lebih kekinian, yakni di tambahkan dengan mozzarella, kamu bisa membuatnya di rumah lho. Penasaran bagaimana rasanya? Berikut resep semar mendem mozzarella yang bisa kamu buat dirumah.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

> 200 gram beras ketan, rendam selama sejam
> 200 ml santan
> 3 lembar daun salam
> 3 lembar daun jeruk
> 1 batang serai
> garam secukupnya
> minyak untuk menumis
> 200 gram ayam suwir
> 150 ml santan
> 4 butir telur
> 100 gram tepung terigu
> 15 ml air
> keju mozzarella secukupnya, potong dadu

Bumbu halus yang perlu di siapkan :

> 5 siung bawang merah
> 2 siung bawang putih
> 1/2 sdm ketumbar
> lada secukupnya
> garam secukupnya
> 2 butir kemiri
> air secukupnya

2. Buat campuran beras ketan

Siapkan pengukus yang terlebih dahulu sudah di panaskan, lalu kukus beras ketan selama kurang lebih 20 menit. Setelah di kukus, jangan lupa di angkat dan sisihkan.

Untuk tahap selanjutnya siapkan panci, campur santan, daun salam, serai, dan garam secukupnya. Masukkan beras ketan yang sudah di kukus, lalu masak sambil di aduk-aduk.

Apabila sudah, angkat dan pindahkan ke dalam wadah. Kukus lagi selama 20 menit. Setelah di kukus, angkat dan sisihkan kembali.

3. Tumis beberapa bahan

Siapkan blender dan haluskan bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, garam, kemiri, dan air. Setelah itu siapkan teflon dan panaskan minyak. Tumis bumbu halus dengan daun salam dan daun jeruk sampai harum, tumis hingga bumbu mengental. Masukkan ayam yang sudah suwir-suwir, lalu tambahkan garam, gula, dan santan.

4. Buat lapisan telur dadar

Kocok telur dengan garam secukupnya, lalu tambahkan tepung terigu dan kocok kembali. Tambahkan sedikit air, kocok lagi sampai tercampur rata. Untuk langkah selanjutnya siapkan teflon datar, lalu masak dengan api kecil. Jangan lupa untuk di balik dan lakukan hingga adonan telur habis.

5. Gulung dan lipat, kukus hingga matang

Siapkan telur dadar yang sudah di masak tadi, lalu masukkan campuran beras ketan, ayam suwir, dan mozzarella secukupnya. Tumpuk menjadi satu dengan campuran beras ketan, kemudian gulung dan lipat bagian ujungnya.

Langkah yang terakhir, kukus selama 20 menit hingga matang. Setelah matang, angkat dan siap di sajikan.