Resep Sayur Pindang Krecek Cabe Ijo Yang Praktis, Dijamin Bikin Makan Terus

Wisatakuliner.org – Krecek atau bisa di bilang kulit daging sapi adalah salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbahan macam masakan yang istimewa dan tentunya lezat.

Bahkan untuk sekarang sudah banyak yang membuat krecek, salah satunya yaitu pindang krecek cabe ijo. Bagi kamu yang penasaran tentang gimana caranya membuatnya, berikut resep sayur pindah cabe ijo cabe ijo yang lezat.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan:

– 8 ekor ikan pindang
– 200 gr krecek, potong-potong
– 1 buah terong ungu, potong-potong
– 2 cm lengkuas, memarkan
– 3 lembar daun salam
– 500 ml santan
– 1 sdm gula merah
– Garam dan kaldu bubuk secukupnya
– Minyak goreng untuk menumis

Bumbu yang harus ada

– 8 siung bawang merah, cincang kasar
– 5 siung bawang putih, cincang kasar
– 20 buah cabe rawit ijo, iris serong
– 6 buah cabe ijo besar, iris serong

2. Bersihkan dan goreng ikan pindang

Bersihkan ikan pindang terlebih dahulu dengan air mengalir, dan tiriskan. Selanjutnya siapkan wajan di atas kompor, lalu tuangkan minyak lumayan banyak. Selanjutnya nyalakan kompor dengan api sedang, tunggu hingga minyak panas.

Jika minyak sudah panas, lalu ikan pindang tersebut di goreng sampai kering. Jangan lupa untuk di bolak-balik agar ikan pindang tidak gosong. Jika ikan sudah berwarna coklat maka ikan sudah mateng dan tiriskan.

3. Rebus air hingga mendidih

Setelah selesai menggoreng ikan pindang, langkah selanjutnya siapkan panci di atas kompor dan tuangkan air secukupnya. Rebus air sampai mendidih. Lalu tuangkan ke dalam krecek dan diamlan hingga beberapa menit sampai krecek lunak lalu sisihkan.

4. Tumis bumbu hingga harum

Jika krecek sudah lunak, langkah selanjutnya tuangkan minyak cukup banyak ke wajan. Setelah minyak panas, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum jangan lupa masukan lengkuas dan daun salam dan aduk rata. Setelah bumbu sudah harum, masukan krecek dan tumis kembali sebentar. Tambahkan terong, santan, garam, gula merah, kaldu bubuk atau kaldu jamur dan aduk rata. Kemudian tutup wajan dan biarkan hingga mendidih sampai bumbu meresap. Setelah itu, masukan ikan pindang yang sudah di goreng tadi beserta irisan cabe rawit, cabe ijo, aduk rata. Diamkan cabe sampai layu, angkat dan siap disajikan.

Selamat mencoba resepnya, dijamin bikin nambah nasi terus lho!