Resep Balado Ikan Asin Kapas, Sederhana Namun Enak dan Bikin Nagih

Wisata Kuliner – Ikan asin memang sudah dikenal sebagai bahan lauk pauk yang sederhana, ikan asin sendiri sangat di cintai oleh masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang lezat tersendiri bagi para pencintanya.

Ikan asin bukan hanya di goreng saja, melainkan bisa di olah menjadi olahan yang istimewa. Salag satunya balado ikan asin kapas. Lauk ini memang terbilang sederhana, namun soal rasa jangan di anggap remeh. Rasa asin dan crunchy menjadikan hidangan lauk ikan asin banyak disukai. Nah berikut resep balado ikan kapas yang enak dan bikin makan terus!

1. Bahan-bahan yang di perlukaan

Bahan:

> 150 gr ikan asin kapas
> 4 lembar daun jeruk
> 2 lembar daun salam
> 2 cm lengkuas, memarkan
> 2 sdm air jeruk kunci

Bumbu halus:

> 100 gr cabe merah
> 10 buah cabe rawit
> 8 siung bawang merah
> 5 siung bawang putih
> 1 buah tomat, buang biji

Bumbu tambahan:

> Garam
> Penyedap jamur
> Gula pasir

2. Uleg atau haluskan bumbu balado hingga halus

Haluskan bahan seperti cabe merah, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, serta tomat. Selanjutnya masukan semua bahan bumbu ke dalamnya, uleg dan blender sampai halus.

3. Goreng ikan asin kapas sampai kering

Siapkan wajan dan nyalakan kompor, tuangkan minyak ke dalam wajan dan tunggu minyak sampai panas. Selanjutnya jika minyak sudah panas, masukan ikan asin dan goreng ikan asin sampai berwarna coklat. Matikan kompor, lalu ikan asin di angkat dan tiriskan.

4. Tumis bumbu balado hingga harum

Panaskan minyak dengan api kecil, kemudian tumis bumbu halus, jangan lupa masukan lengkuas, daun jeruk dan daun salam. Selanjutnya tambahkan air jeruk kunci, kaldu jamur, garam, serta gula pasir. Jangan lupa koreksi rasanya.

5. Balado ikan asin kapas siap disajikan

Jika bumbu balado sudah siap, maka masukan ikan asin yang sudah di goreng tadi, aduk-aduk ikan asin sampai tercampur rata dengan bumbu. Jika ikan asin sudah rata dengan bumbu, lalu matikan kompor dan balado ikan asin kapas siap disajikan.