Resep Membuat Bola Ayam Keju, Praktis, Mudah dan Enak

Wisata Kuliner – Daging ayam menjadi salah satu bahan pangan yang bisa di jadikan apa saja, untuk membuat olahan apapun bisa dan tentunya tidak membosankan. Tidak hanya di olah menjadi olahan pedas atau berkuah, namun bisa juga di jadikan sebagai cemilan.

Daging ayam sendiri bisa di buat berbagai olahan, salah satunya di jadikan gulai atau olahan yang lainya. Untuk kali ini daging ayam bisa di jadikan olahan yang praktis dan tentunya enak, serta bisa dijadikan cemilan saat sedang bersantai yaitu di buat menjadi bola-bola ayam keju yang enak dan krispi. Berikut resep dan cara membuat bola ayam keju.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

– 500 gram dada ayam filet
– 200 gram keju
– 3 buah roti tawar
– 2 siung bawang putih
– 1 batang daun bawang
– 3 sdm tepung bumbu
– 1 sdt penyedap
– garam secukupnya
– gula pasir secukupnya
– air secukupnya

2. Potong dan haluskan daging ayam

Siapkan talenan dan pisau untuk memotong dada ayam atau daging ayam yang lainya, potonglah menjadi kecil-kecil agar bisa lebih mudah di haluskan atau giling menggunakan blender atau alat yang lainya. Setelah itu, rendam roti tawar dalam air sampai lembut sampai meresap, kemudian haluskan daging ayam beserta roti tawar, bawang putih ke dalam blender atau food processor. Haluskan semua bahan sampai lembut.

3. Bentuk adonan menjadi seperti bola

Bumbui adonan ayam tersebut dengan garam, penyedap (kaldu jamur), gula pasir, aduk sampai merata. Jangan lupa berikan daun bawang ke dalam adonan dan aduk kembali sampai tercampur. Langkah selanjutnya ambil dua sendok makan adonan dan pipihkan, lalu masukan satu potong keju ke dalam adonan, dan bentuk menjadi bola-bola. Lakukan kembali hingga adonan dan kejunya habis.

4. Goreng bola ayam keju hingga matang

Siapkan kompor dan wajan, lalu tuang minyak ke dalamnya. Panaskan minyak sampai panas, dan selanjutnya goreng bola ayam keju sampai matang dan berubah warna menjadi kuning ke coklatan. Jangan sampai menggoreng dengan jumlah banyak agar matang nya bisa merata. Jika sudah matang segera angkat dan tiriskan. Jangan lupa matikan kompor, selanjutnya biarkan bola ayam keju dingin dan sajikan dengan saus sambal dan mayonnaise.