5 Kuliner yang Wajib Anda Kunjungi di Semarang

Wisatakuliner.orgSetiap kota ataupun daerah pasti memiliki kuliner khasnya masing-masing, salah satunya adalah Kota Semarang yang terknal dengan Lumpia sebagai makanan khasnya. Selain lumpia, tentu banyak kuliner-kuliner menarik yang ditawarkan ketika ada wisatatawan yang datang ke Semarang.

Selain harganya yang pas di kantong, anda juga mudah untuk menemukan tempat kuliner yang akan anda cari. Apalagi setelah lelah mengelilingi kota Semarang memang sangat cocok jika langsung mencoba mencicipi berbagai kuliner khas Semarang. Jika anda bingung mau dimulai dari mana saja, ini dia 5 kuliner yang harus anda coba saat berkunjung ke Semarang :

1. Tahu Gimbal

Makanan ini termasuk salah satu makanan khas Kota Semarang yang terdiri dari tahu goreng dan bakwan udang sebagai komposisi utamanya. Kedua komposisi utama akan disajikan dengan tambahan lontong, kol, tauge dan bumbu kacang yang ditaburi sedikit bawang goreng agar lebih sedap.

Disebut tahu gimbal karena ada campuran udang yang digoreng dengan tepung juga telur yang akan terlihat seperti gimbal. Untuk mencoba kuliner ini anda bisa mengunjungi beberapa tempat seperti tahu gimbal pak edi, tahu gimbal pak to, lontong tahu gimbal pak polo, tahu gimbal pak sentot, anda bisa memilihnya salah satu.

2. Mie Kopyok

Mie kopyok memiliki komposisi yang sangat sederahana, yakni berupa lontong, mie kuning, tahu pong dan taoge yang akan disajikan dengan tambahan kuah panas. Untuk pelengkapnnya ditambah taburan bawang goreng dan remukan opak. Jika anda belum mengetahui opak, opak adalah kerupuk yang berbahan dasar nasi.

Kuliner satu ini bisa anda temukan di Warung Mie Kopyok Pak Dhuwur yang berada di Jalan Tanjung No. 18A, Kota Semarang. Mie kopyok ini sangat cocok disantap sambil menikmati udara malam hari Semarang.

3. Tumpang Koyor

Kuliner satu ini terdiri beberapa sayuran yang direbus yang kemudian disiram dengan sambel tumpang. Untuk sayunya terdiri dari daun pepaya, daun ketela, kacang panjang, tauge, dan irisan daging dari buah pepaya yang masih muda. Jika anda belum tahu dengan sambel tumpang, sambel tumpang ini sudah tidak asing di telinga orang Jawa khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Jawa Timur juga ada kuliner khas Kota Malang yang menggunakan sambel tumpang yakni Pecel Tumpang. Sambel tumpang terbuat dari tempe semangit, tahu, dan krecek yang dicampur dengan santan. Jika anda ingin merasakan nikmatnya minum teh hangat dengan hidangan tumpang koyor anda bisa mencoba di sekitaran Jalan Ahmad Yani, Semarang.

4. Mangut Kepala Muyung

Berkunjung ke Kota Semarang kurang lengkap jika tidak mencoba kuliner mangut kepala muyung, anda wajib istirahat sejenak ke Warung Kepala Manyung Bu Fat yang terletak di Jalan Ariloka, Semarang Barat atau di Jalan Raya Sukun, Banyumanik, Semarang.

Resep yang diwariskan secara turun-termurun membuat waeung yang berdiri sejak 1980an ini tidak pernah berubah rasanya. Mangut kepala mayuung merupakan olahan ikan asap yang dimasak bersama dengan santan serta memiliki rasa pedas dan gurih sangat menggigit. Anda bisa memesannya dengan menggunakan nasi ataupun tidak menggunakan nasi.

5. Es Krim Jamu

Setelah berkunjung ke wisata-wisata di Kota Semarang tentu anda akan merasa lelah haus, oleh karena itu anda harus mencoba untuk mampir ke cafe ini. Tempatnya berada di Jalan Gang Pinggir No.38 Kranggan, Semarang yang diberi nama Makuta Jamu Cafe. Beda dari cafe-cafe lainya mereka menyediakan jamnu seduh yang bisa menghilangkan capek dan flu.

Yang menjadi menu unik namun kekinian adalah es krim jamu, walaupun jamu identik dengan rasa pahit karena terbuat dari rempah tradisional, es krim ini tidak memiliki rasa pahit sama sekali karena terbuat dari bahan-bahan pilihan seperti jahe, kayu manis, dan beras kencur.