Lima Kuliner Berkuah Lezat Dari Berbagai Provinsi Pulau Kalimantan

Wisata Kuliner – Kalimantan memang di kenal dengan wisata kulinernya yang tidak kalah menarik. Selain enak dan banyak rempah Kalimantan juga banyak sekalai makanan yang berbau seafood, dan terkenal dengan olahan yang berkuah yang super enak.

Dari beraneka ragam kuliner yang ada di Pulau Kalimantan seperti kepiting soka, nasi kuning, iwak pakasam, dan juga bubur kampiun. Semuanya memang enak, namun sudah tau belum jika dari masing-masing provinsi di Pulau Kalimantan mempunyai kuliner berkuah yang nikmat dan tentunya bikin makan terus.

Berikut beberapa kuliner Kalimantan yang wajib di coba saat berlibur atau berkunjung ke Pulau Kalimantan!

1 Bakmi Kepiting Kalimantan Barat

Penampakan bakmi kepiting ini memang mirip dengan mie ayam yang menggunakan mie kuning seperti biasanya serta berkuah kaldu. Hanya saja tambahan kepiting yang sudah olah bersama bumbu khas Kalimantan Barat ketika disajikan bersama pangsit goring. Lezatnya bakmi kepiting tidak hanya enak di lidah, namun juga rasa yang nendang.

2 Ketupak kandangan Kalimantan Selatan

 

Untuk kuliner yang satu ini jangan di ragukan lagi. Kandangan sendiri ialah nama salah satu dari wilayah di Kalimantan Selatan, nama ini menjadi asal muasal kuliner berkuah ini. Lain dengan banyaknya daerah yang ada di Indonesia yang menyatukan ketupat dengan daging. Ketupat kandangan berbahan dasar ikan gabus yang di masak dengan bumbu rempah khas Kalimantan Selatan serta rempah.

3 Juhu kujang Kalimantan Tengah

Kuliner yang satu ini memang berkuah pada umumnya yang menggunakan keladi sebagai bahan bakunya. Untuk keladi sendiri ialah sejenis umbi-umbian, berkuah santan dan mempunyai penampilan yang menggiurkan lidah, tentunya juhu kujang sangat lezat dan juga di tambahkan dengan daging atau ikan.

4 Sayur asam kutai Kalimantan Timur

Jangan menyamakan sayur asam khas Kalimantan Timur dengan biasa kamu nikmati dengan yang di rumah. Asam jawa yang digunakan memang sama dengan yang lainya, namun sayur asam kutai memiliki racikan yang terdiri dari bahan daun kangkung, jantung pisang, serta daging ikan gabus atau kepala ikan gabus.

5 Sup kepurung malinau Kalimantan Utara

Masih asing dengan kukiner yang satu ini, namun sup kapurung malinau yang lezat ini menjadi salah satu menu dan sajian favorit keluarga yang ada di Kalimantan Utara. Sup kapurung malinau terbilang sangat unik karena terdapat bola-bola yang terbuat dari tepung kanji di tambah lagi dengan ikan kuang kuning, kacang goring, sayur, dan sambal cabai tumis teri.

Itulah lima kuliner enak dan lezat khas Pulau Kalimantan yang bikin ngiler sebelum menikmatinya.