Beberapa Sup Khas Solo Yang Enak dan Segar, Wajib di Kunjungi

Wisata Kuliner – Kota Solo memang jangan di ragukan lagi dengan kulinernya yang lezat. Seperti sate buntel, cabuk rambak, tangkleng, bubur tumpeng, dan tahu kupat. Kuliner solo akan terus menggoyang lidah para pencinta kuliner dengan perpaduan rasa gurih serta manisnya.

Selain masakan-masakan tersebut, ada juga berbagai macam sup segar yang lezat. Sekilas sup-sup yang di sajikan ini akan memiliki kesamaan. Namun bahan yang ada di sup tersebut bisa membuatnya beda satu sama lain. Berikut beberapa sup khas Solo yang tentunya mengunggah selera.

1 Sup manten

Manten dalam bahasa Jawa artinya adalah pengantin. Sup manten ini di sajikan di acara pernikahan, isian dari sup ini sendiri ialah ayam suwir, kentang, wortel, jamur putih, jamur kuping, yang di siram kuah kaldu ayam yang gurih serta cenderung bening. Saat di padukan dengan bawang putih aromanya akan mengundang kamu untuk makan.

2 Sup matahari

Sup matahari biasa di hidangkan saat sedang ada acara resepsi pernikahan, sup matahari dihidangkan sama dengan kaldu ayam, tumisan bawang-bawangan, cengkeh, dan merica. Hanya saja yang membedakan ialah isian nya, isian dari sup matahari di sajikan dengan telur dadar tipis. Isianya nya terdiri adonan ayam, jamur kuping, jamur putih, irisan wortel, dan sosis. Isian tersebut di gabung menjadi satu lalu di bungkus oleh telur dadar yang sangat tipis, lalu di kukus. Selanjutnya iris bagian atas telur dadar lalu buka isian tersebut, tata sampai telur dadar mekar seperti matahari.

3 Sup galantin

Isian dari sup gelantin berupa wortel, jamur kuping, kembang kol, jamur putih, kapri, serta potongan galantin. Potongan galantin ini lah yang menjadi sup ini istimewa. Untuk galantin sendiri adalah campuran daging ayam dan roti tawar yang di haluskan dan diberi bermacam-macam bumbu yang membuat sup kalantin menjadi sangat lezat. Sayur-sayuran dan potongan dari galantin di siram dengan kuah kaldu ayam.

4 Timlo Solo

Timlo menjadi salah satu makanan legendaris dan favoritnya Pak Jokowi. Timlo ini terinpirasi dari kimlo nya orang Tionghoa yang kemudian tersebar di daerah Pecinan, dan sekarang mejadi makanan khas Solo. Terkenal dengan kuah yang gurih di tambah dengan isian mie soun, wortel, ati ampela, suwiran ayam, sosis Solo, dan irisan telur.

5 Soto bening khas Solo

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia memang kaya akan aneka sotonya, begitu juga dengan kota Solo yang memiliki soto bening. Seperti namanya kuah bening namun kalau di Tanya dengan rasanya memang bening tapi kaya akan rasa. Isian dari soto bening ialah irisan daging ayam, daging sapi, serta isiran daun seledri. Untuk kaldunya sendiri menggunakan kaldu ayam atau kaldu sapi yang sudah di racik lagi dengan bumbu khas Solo.

6 Mie toprak

Mie toprak merupakan hidangan yang sangat legendaris kota Solo, berbahan dasar mie dengan siraman kuah kaldu sapi yang menggoda. Kuah kaldu sapinya bening dan gurih, untuk mie dam kuah di hidangkan dengan kacang tanah, seledri, daung bawang, daging, irisan cakue, dan cabe rawit. Sepiring penuh kebahagiaan!