Nasi Subut, Nasi Khas Kalimatan Utara yang Legit

Wisatakuliner.orgDi Kalimantan Timur terdapat olahan nasi khas yang rasanya sangat legit, dikenal dengan sebutan nasi bubut yang terbuat dari campuran ubi jalar dan jagung. Nasi ini merupakan nasi khas masyarakat Kalimantan Utara dan sering disajikan dengan sate ikan pari dan minuman hangat.

Indonesia merupakan negara Agraris, setiap daerah mempunyai olahan nasi yang unik. Dipadukan dengan hasil bumi atau rempah lokal, sebut saja di Jawa Barat dikenal dengan nasi tutug oncom atau sangu tutug oncom dimana makanan ini memanfaatkan campuran oncom yang dihasilkan di kawasan Jawa Barat.

Sementara di Kalimantan Utara mempunyai olahan nasi yang unik yang biasa disebut dengan nasi subut. Nasi tersebut terbuat dari campuran olahan ubi jalar ungu dan jagung. Dengan campuran bahan utama tersebut membuat tampilan nasi ini berbeda dengan nasi pada umumnya. Campuran ubi jalar membuat nasinya menjadi berwarna ungu, nasi ini rasanya juga sangat legit dan pulen selain itu nasi ini juga diandalkan olah masyarakat kawasan Kalimantan Utara sebagai makanan yang menyehatkan.

Hingga saat ini masih belum ada yang bisa mematikan sejak kapan nasi subut dinikmati masyarakat disana. Namun, sebagaian besar masyarakat yakin bisa bahwa nasi subut sudah ada sejak jaman nenek moyang untuk menghindari makan nasi berlebih. Dilihat dari campurannya, nasi subut sangat padat gizi, ubi jalar dan jagung tidak dihaluskan sebelum dicampur dengan nasi. Jagung yang digunakan berupa jagung pipil, sementara ubi jalar dipotong menyerupai dadu, jagung manis banyak mengandung serat dan ubi memberikan pasokan berakoraten. Nasi sebut biasanya dihidangkan dengan sate ikan pari dan minuman hangat. Kedua jenis makanan itu selalu dihidangkan secara bersamaan sejak dulu.

Resep Membuat Nasi Ubut :

Bahan :
– 500 gram beras
– 200 gram ubi ungu, potong dadu
– 200 gram jagung manis pipilan
– 500 ml air, tergantung jenis beras

Cara Membuat :
– Didihkan air, masukan beras dan masak beras hingga menjadi beras aron.
– Tambahkan ubi dan jagung dalam beras aron.
– Kukus dalam kukusan panas hingga nasi matang.