Beberapa Kuliner Berbagai Provinsi di Pulau Jawa Yang Enak dan Bisa Jadi Inspirasi Lauk

Wisata Kuliner – Bosan dengan lauk yang itu-itu saja? Mungkin dengan kuliner Nusantara dari berbagai provinsi yang ada di Pulau Jawa ini bisa jadi indpirasi lauk untuk keluarga. Selain enak, beberapa kuliner ini memiliki ciri khas masing-masing.

Di setiap provinsi yang ada di Pulau Jawa memang terkenal dengan makananya yang mempunyai ciri khas masing-masing. Dengan begitu, olahan ini bisa bikin seluruh anggota keluarga jadi kenyang dan bahagia.

1 Gabus pucung, DKI Jakarta

Jangan liat dengan penampilanya karena bisa menipu mata. Namun pada kenyataanya gabus pucung memiliki citarasa khas yang bisa mengunggah selera makan meski memiliki warna gelap. Sebelum mengenal dengan kuah hitam yang berasal dari pucung atau bisa di kenal dengan kluwek. Ikan gabus nya di marinasi terlebih dahulu kemudian di goring.

2 Soto kuning, Jawa Barat

Ingin makan yang berkuah-kuah untuk di sajikan sebagai lauk? Soto kuning ini contohnya. Menggunakana gurihnya santan sebagai kuahnya, di tambahkan dengan bahan utama yaitu daging sapi yang tidak jarang di tambahkan dengan jeroan. Untuk bumbu soto kuning ini menggunakan beragam rempah dan kunyit lah yang menjadi pemeran utama yang bisa membuat warna soto menjadi warna kuning. Irisan kentang serta tomat menjadi bahan pelengkap.

3 Kelo mrico, Jawa Tengah

Bahan utamanya ialah ikan dukang atau sembilang, tidak akan mengurangi kenikmatanya saat di santap bersama keluarga. Kuliner sup ikan bening ini memang mempunyai rasa pedas asam dan sangat cocok di santap selagi masih hangat.

4 Brongkos, Yogyakarta

Untuk bisa membuat lezatnya brongkos khas Yogyakarta ini, harus melalui tahap perebusan daging bersama bermacam daun supaya lebih terasa empuk dan tentunya beraroma wangi. Setelah itu, daging dan pelengkapnya yaitu kulit melinjo, tahu, kacang tolo, serta telur yang di masukan ke tumisan yang di beri air kaldu.

5 Ayam lodho, Jawa Timur

Ayam lodho menggunakan ayam kampong, dimana ayam ini di olah dengan santan dan bermacam-macam bumbu rempah beserta dengan cabai. Ayam lodho juga biasa di sajikan dengan nasi uduk hangat. Namun jika merasa ribet dengan nasi uduk, kamu juga bisa menggantinya dengan nasi putih.