5 Rekomendasi Martabak Manis Khas Yogyakarta, Rasanya Nendang diLidah

Wisatakuliner.org, Yogyakarta – Martabak manis merupakan salah satu cemilan manis yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan di beberapa daerah memiliki martabak manis yang jadi ciri khas dan favorit banyak orang salah satunya khas Yogyakarta. Selain itu variasi rasa martabak manis pun gak hanya original lho, tapi juga telah dimodifikasi kekinian dengan beragam jenis varian rasa lain yang gak kalah enaknya.

Kelezatan citarasa dan kelembutan martabak manis dengan aneka isiannya seperti mentega, meses, keju, hingga susu kental manis yang meluber bakal dijamin bikin nagih dilidah. Berikut dibawah ini ada 5 rekomendasi martabak manis di Yogyakarta paling enak yang sangat cocok menemani kegiatan dirumah diantaranya.

1. Martabak Mandala 1992

Martabak manis dengan porsi yang pas dan harga yang gak bikin kantong kering. Martabak manis ini terletak di kawasan stadion Mandala Krida dan sudah menjadi martabak manis legendaris bagi warga sekitar karena sudah ada sejak tahun 1992.

Dengan adonan yang tebal dan isian lezat, mulai dari keju, cokelat, meses, hingga kacang, bikin puas buat dimakan sendiri maupun bersama anggota keluarga. Harganya mulai Rp15 ribu sampai Rp21 ribu saja. Alamat lengkapnya berada di Jl. Andong, Semaki, Kota Yogyakarta.

2. Martabak Casablanca

Martabak manis yang outletnya sering terlihat ramai ini memang recommended banget karena harga dan rasa yang ditawarkan benar-benar sesuai. Dengan adonan yang lembut, dan isian yang komplet seperti cokelat, kacang, susu, dan keju, hingga isian premium seperti Oreo, Chunky Bar, dan Nutella bisa kamu temui di sini. Harganya pun ramah di kantong.

Untuk martabak manis mulai Rp9 ribu sampai Rp27 ribu untuk isian biasa. Sedangkan yang premium mulai Rp15ribu sampai Rp57 ribu. Tak perlu takut mengantre karena tersedia parkir dan ruang tunggu yang luas lho selagi pesanan sedang dibuatkan.

Lokasinya juga strategis karena di pinggir jalan sebelah selatan STIE YKPN, tepatnya di Jl. Seturan Raya No.173-168, Caturtunggal, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Martabak Bangka “ Nanie”

Martabak manis memang makanan yang berasal dari Bangka dan semakin meluas ke wilayah-wilayah di Indonesia sehingga namanya pun jadi bermacam-macam seperti kue Bandung, dan Terang Bulan. Namun tak jarang penjual martabak manis tetap memberi nama martabak bangka seperti yang satu ini.

Martabak Bangka “Nanie” yang juga masih terletak di kawasan Jl. Affandi No. 11, Klitren, Yogyakarta, tepatnya di depan mini market Elok ini memiliki rasa khas martabak Bangka, yaitu adonannya yang sudah terasa manis dan legit. Apalagi jika memesan martabak bangka dengan penggunaan wijsman butter yang legendaris di kalangan pecinta martabak manis, membuat para pecintanya merasakan kenikmatan yang luar biaa.

Uniknya di sini tetap setia dengan aneka isian klasik seperti cokelat, keju, dan kacang saja. Sedangkan harganya untuk adonan original mulai Rp16 ribu sampai Rp36 ribu, adonan wijsman butter mulai Rp36 ribu sampai Rp65 ribu, sedangkan adonan rasa pandan harganya mulai Rp18 ribu sampai Rp39 ribu.

4. Sweet Martabak

Beralih ke kawasan Jl. Affandi, salah satu martabak manis yang recommended adalah Sweet Martabak yang terletak di Jl. Affandi No. 6B, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Martabak ini jadi langganan para mahasiswa karena letaknya strategis dekat dengan berbagai kampus di Yogyakarta. Ukurannya yang tergolong besar, isian yang gak pelit, dan harganya yang sesuai kantong menjadikan banyak orang menjadi pelanggan Sweet Martabak.

Adonannya sendiri sudah memiliki rasa yang manis dari campuran bahan-bahannya, sehingga saat di tambah isian maka rasanya semakin membuat ketagihan pecinta makanan manis.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp22 ribu sampai Rp30 ribu untuk martabak manis spesial, sedangkan untuk isian kekinian seperti Oreo, Ovomaltine, Nutella, dan Toblerone, harganya Rp25 ribu sampai Rp55 ribu.

5. Kue Bandung & Pukis Ko Yung

Salah satu martabak manis legendaris bagi masyarakat Yogyakarta. Martabak Manis Ko Yung terkenal karena dibuat dengan bahan-bahan yang berkualitas. Sehingga meski harganya tergolong lebih tinggi dari martabak manis lain, namun peminatnya tak pernah surut karena rasa yang dihasilkan tak pernah bohong.

Pinggiran adonan yang renyah serta isian keju dan cokelat yang meluber ketika digigit tak bisa mengecewakan para penggemar martabak manis. Harga martabak manis yang ditawarkan untuk isi biasa mulai Rp60 ribu sampai Rp70 ribu, sedangkan untuk isi spesial mulai Rp100 ribu sampai Rp110 ribu. Kamu juga bisa mencoba pukisnya yang tak kalah lezat dengan harga mulai Rp7 ribu. Kue Bandung & Pukis Ko Yung terletak di Jl. Abu Bakar Ali No. 2, Kotabaru, Kota Yogyakarta.