Beberapa Rekomendasi Mie Ongklok, Kuliner Khas Wonosobo Yang Enak dan Unik

Wisata Kuliner – Wonosobo merupakan sebuah kecamatan di Jawa Tengah dan Ibu Kota dari Kabupaten Wonosobo. Banyak orang yang mengenal Wonosobo karena pegunungan Dieng. Tempat yang indah dan berhawa sejuk, tidak hanya tempat Wonosobo punya satu kuliner yang unik dan enak loh!

Salah satu kuliner unik dan enak wajib di cicipi kalau berkunjung ke Wonosobo. Namanya yaitu Mie Ongklok, mie yang satu ini berbeda dengan kuliner pada umumnya. Di dalam semangkuk mie ongklok berisi sayuran, potongan kucai, kol, dan mie yang di guyung dengan kuah kental.

Kuah mie ongklok terbuat dari ebi, tepung pati, gula jawa serta bumbu yang lainya. Mie ongklok akan bertambah lezat dan nikmat rasanya dengan tambahan bumbu kacang yang di tambahi dengan taburan bawang goring.

Berikut beberapa rekomendasi kedai mie ongklok yang bisa kamu kunjungi, saat ingin mencicipi Mie Ongklok di Wonosobo.

1 Mie Ongklok Pak Muhadi

Kedai Mie Ongklok Pak Muhadi ini hanya menyajikan Mie Ongklok sebagai menu utamanya, termasuk kedai yang cukup besar, namun rapih dan ramai di kunjungi. Tempatnya berada di jalan utama, dan tentunya sangat mudah di temukan. Untuk seporsi Mie Ongklok di kedai ini di jual dengan harga terbilang murah yaitu Rp 16 ribu saja.

Alamat: Jalan Ahmad Yani No.1, Wonosobo, Jawa Tengah.

2 Mie Ongklok Longkrang

Pemilik kedai Mie Ongklok ini ialah Pak Waluyo, kedai ini termasuk salah satu kedai Mie Ongklok Legendaris di Wonosobo. Pada tahun 1975 orang tua Pak Waluyo mulai berjualan Mie Ongklok dengan berjualan keliling kampung. Kedai Mie Ongklok ini berada di lokasi sekitar 800m kea rah utara dari pusat kota Wonosobo.

Alamat: Jalan. Pasukan Ronggolawe No.14, Longkrang, Wonosobo, Jawa Tengah.

3 Resto Ongklok

 

Tempat makan Mie Ongklok ini berada tepat di Wonosobo kea rah pegunungan Dieng, tempatnya sangat strategis dan tentunya mudah untuk di temukan. Tidah keran Resto Ongklok ini selalu ramai oleh pengunjung. Walau rame namun jangan khawatir untuk mengantri karena Resto Ongklok memiliki tempat yang luas fasilitas lengkap.

Alamat: Jalan Dieng, Kalianget, Wonosobo, Jawa Tengah.

4 Mie Ongklok dan Sate Pak Tris

Kedai mie ini cukup sederhana, namun jangan salah tempat ini sangat ramai Mie Ongklok yang di sajikan dengan memiliki cita rasa yang sangat lezat. Di kedai ini bisa menikmati semangkok Mie Ongklok dengan ditemani dengan seporsi sate sapi yang rasanya jangan di ragukan lagi. Kedai ini buka setiap pukul 10.00 malam di setiap harinya.

Alamat: Jalan. Jenderal Ahmad Yani No.140, Ngepelan, Wonosobo, Jawa Tengah.

5 Mie Ongklok dan Sate Bu Umi

Kedai ini termasuk kedai yang ramai di kunjungi di Wonosobo, di tempat ini kamu bisa menikmati semangkuk mie ongklok dengan sate porsi sate yang sama enak nya dengan mie ongklok di tempat ini. Uniknya bumbu kacang yabg ada di sate sapi ini bisa menambah kenikmatan kuah dari mie ongklok saat di campurkan. Mie Ongklok dan Sate Bu Umi terletak di 500 meter dari pusat kota Wonosobo.

Alamat: Jalan. Masjid No.11 RT. 01 RW.14, Kauman Utara, Wonosobo, Jawa Tengah.