Dibungkus Daun Pisang, Garang Asem Khas Kudus Makin Nikmat

Wisatakuliner.orgSelain terkenal dengan kuliner soto ayam dan sate kerbau, Kudus juga mempunyai masakan garang asem ayam yang nikmat dengan dibungkus daun pisang dan dikukus.

Garang asem sendiri punya dua jenis pengertian, kebanyakan masyarakat Jawa Tengah mengetahui bahwa garang asem diartikan sebagai hidangan daging berkuah kecoklatan dengan perpaduan rasa asam segar dan sedikit manis. Sementara di Kudus garang asem menunjukkan pada potongan daging ayam kampung yang dibumbui dengan irisan belimbing sayur atau tomat hijau,cabe dan daun salam serta lengkuas.

Kuliner garam asem sangat mudah ditemukan di kota Kudus, salah satunya bisa mampir ke Rumah Makan Gasasa Garang Asem Sari Rasa yang berada di jalan Pantura Kudus, Pati turut Desa Klaling, Kecamatan Jekulo. Disana anda bisa menikmati rasa asam sedap manis kuliner garang asem Kudus. Garang asam juga disajikan dengan dibungkus daun pisang yang membaut aromanya terasa lebih harum.

Juru masak RM. Garang Asem, Santoso menjelaskan, dalam proses pembuatannya, potongan ayam kampung dicampur dengan kuah yang sudah dicampurkan dengan bumbu. Garang asem dibungkus dengan daun pisang ini bertujuan agar aroma terasa lebih sedap. Setelah dibungkus dengan daun pisang maka akan dikukus menggunakan api besar untuk menhasilkan uap air yang panas agar bumbu bisa mereseap ke dalam serat daging sekalipun.

Dalam sehari rata-rata menghabiskan 50 ekor ayam kampung yang diolah menjadi garang asam. setiap hari ada 100 porsi garang asam yang siap disajikan kepada pengunjung yang ingin menikmati sedapnya garang asam khas Kudus ini. Untuk harganya satu porsi garang asem diberi harga 30 ribu sudah dihidangkan dengan nasi dan kerupuk.