5 Kuliner Nusantara Ini Cocok Dikonsumsi Saat Tekanan Darah Rendah

WisataKuliner.Org – Pusing, pandangan mata sedikit kabur, mual hingga tubuh merasa lemas adalah beberapa ciri-ciri ketika tekanan darahmu rendah. Hal-hal tersebut sungguh membuat tubuh tidak nyaman dalam menjalankan aktivitas.

Tenang, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan tepat untuk mengatasi tekanan darah rendah. Selain memperbanyak minum air putih, lima kuliner Nusantara ini bisa dijadikan solusi! Apa saja?

  1. Sambal goreng hati

Sambal goreng hati dengan sepiring nasi putih hangat, adalah perpaduan yang sempurna! Meski sederhana karena berbahan irisan hati ayam yang terkadang diberi tambahan kentang, sambal goreng hati merupakan makanan khas Nusantara yang mempunyai banyak penggemar.

Di samping enak, hati ayam tinggi protein dan kaya folat serta sarat akan zat besi. Kandungan-kandungan penting tersebut amat diperlukan saat tekanan darah rendah supaya meminimalisir gejala.

  1. Telur pindang

Bermacam olahan telur khas Nusantara yang dapat kamu pilih, salah satunya adalah telur pindang. Telur yang direbus dengan menggunakan beragam rempah, ini bisa jadi pilihan lauk bergizi untuk mengatasi darah rendah. Kaya akan protein, telur juga mengandung vitamin B12 yang dibutuhkan oleh penderita darah rendah.

  1. Halua kenari

Saat tekanan darah rendah, tidak ada salahnya kamu memiliki persediaan camilan berupa kacang-kacangan karena kandungan magnesium-nya dapat meningkatkan energi pada tubuh sehingga kamu bisa semangat kembali dalam menjalankan aktivitas. Kuliner khas Nusantara berbahan kacang-kacangan cukup banyak. Salah satu yang mesti banget kamu coba yaitu halua kenari yang manisnya juga bikin suasana hati menjadi baik.

  1. Sanggara balanda

Berguna dalam menstabilkan tekanan darah. Buah pisang termasuk ke dalam makanan yang juga cocok dikonsumsi saat tekanan darah rendah. Buah dengan kulit berwarna kuning ini termasuk makanan yang kaya gizi, mineral dan vitamin.

Bosan dengan olahan pisang itu-itu saja? Cobalah membuat sanggara balanda khas Makassar. Pisang ini dimasak dengan cara digoreng. Pada bagian tengahnya sedikit dibelah dengan menggunakan pisau, lalu diberi isi atau topping kacang diolah dengan gula merah atau berdasarkan kesukaanmu.

  1. Sayur bayam

Sederhana, sayur bayam khas Nusantara merupakan makanan bergizi. Diberi tambahan jagung manis maupun tidak, semangkuk sup bayam bisa dijadikan sebagai lauk pendamping nasi. Mengandung zat besi, natrium serta asam folat membuat bayam menjadi makanan yang menyehatkan untuk dikonsumsi penderita darah rendah.

Itulah tadi lima kuliner khas Nusantara yang dapat dikonsumsi saat tekanan darah rendah. Selain makan makanan yang bergizi, imbangi pula dengan istirahat yang cukup.