Resep Pepes Jantung Pisang, Cocok Buat Pendamping Nasi!

Wisata Kuliner – Pisang di kenal dengan buah-buahan yang kaya akan manfaat. Daunnya sering di pakai untuk membungkus, dan untuk daging buahnya bisa di olah menjadi berbagai makanan yang sangat lezat.

Tidak hanya daging pisang saja yang bisa di olah menjadi salah satu makanan, jantung pisang juga bisa di sulap menjadi berbagai resep masakan yang enak dan tentunya mengunggah selera.

Jantung pisang sendiri merupakan bunga yang tumbuh pada pohong pisang, dan tentunya menjadi cikal bakal buah pisang. Jantung pisang sendiri tidak kalah bernutrisi di bandingkan dengan daging buahnya. Kandungan yang terdapat di jantung pisang ialah kandungan vitamin A, vitamin C, Vitamin E, kalium, mineral, asam lemak, dan flavonoid yang tinggi.

Nah jika ingin mencoba mengolah jantung pisang kamu bisa mencoba membuatnya dirumah loh, salah satu resepnya ialah pepes jantung pisang yang yummy. Berikut resep jantung pisang yang enak.

Resep pepes jantung pisang

Bahan-bahan:

– 1 Buah jantung pisang
– 25 gram teri nasi (Goreng kering)
– 3 siung bawang putih (iris tipis)
– 5 butir bawang merah (iris tipis)
– 2 buah cabai merah (iris)
– 2 buah tomat hijau (potong-potong)
– 2 batang daun bawang (potong-potong)
– 12 lembar daun pisang
– 12 lembar daun pisang

Bahan bumbu halus:

– 2 siung bawang merah
– 2 siung bawang putih
– 2 butir kemiri (sangria)
– 3 buah cabai rawit merah
– 2 sendok sdt garam (sesuai selera)
– 1/4 sdt merica bubuk
– gula pasir (secukupnya)
– 1 batang serai
– 1/2 sdt terasi (goreng)

Cara membuat pepes jantung:

1 Haluskan semua bahan bumbu halus dengan menggunakan blender atau juga bisa di ulek

2 Kupas pelepah luar jantung pisang yang berwarna merah tua, dan hanya sisakan bagian putihnya saja. Dan jangan lupa untuk di cuci bersih dan potong menjadi beberapa bagian.

3 Didihkan air dalam panci, ambil sedikit garam lalu rebis jantung pisang selama lima menit atau setengah matang. Jika sudah angkat dan potong-potong kembali menjadi kecil-kecil.

4 Siapkan wadah dan campurkan semua bahan sampai rata kecuali daun salam dan daun pisang.

5 Selanjutnya siapkan selembar daun pisang, letakan daun salam dan beri adonan yang sudah siap di bumbui. Bungkus dan sematkan lidi, ulangi sampai adonan habis.

6 Untuk pepes jantung bisa sesuai dengan selera, bisa di pepes dengan cara di kukus, ada juga dengan cara di bakar kurang lebih untuk pengukusan atau pembakaran selama 30 menit.