5 Sajian Berkuah Khas Banten yang Rasanya Gurih Bikin Menggugah Selera

Wisatakuliner.org, Banten – Makanan khas Nusantara memang memiliki ciri khas di setiap daerah. Salah satu sajian makanan yang diburu adalah sajian berkuah. Sajian berkuah terkenal gurih dan beraroma tajam menggugah selera menjadi pilihan penikmat kuliner salah satunya daerah Banten.

Kalau jalan-jalan ke Banten, rasanya kurang jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Ada begitu banyak kuliner khas Banten yang bisa kamu coba dan dijadikan buah tangan.

Makanan berkuah memang sangat lezat disantap saat cuaca dingin. Hangatnya kuah berpadu dengan rasa gurih yang membuat kita tidak bisa melupakan rasanya yang begitu lezat. Di Banten juga ada sajian berkuah yang gak kalah enak, lho. Yuk, lihat di bawah.

1. Gerem Asem

Gerem asem cukup populer di Banten, lho. Merupakan sajian dari daging ayam atau bebek bakar kemudian disiram dengan kuah kaya akan rempah-rempah. Cocok buat kamu yang suka pedas. Bikin lidah gak rela berhenti makan sampai habis. Berani, coba?

2. Laksa Tanggerang

Laksa tangerang berbeda dengan laksa betawi. Laksa tangerang memiliki isian sederhana yang berupa mie putih dan disiram dengan kuah sayur yang bening. Rasanya gurihnya berpadu dengan rempah-rempah khas dan parutan kelapa yang endeus di mulut.

3. Angeun Lada

Kalau main ke Banten, jangan lupa cobain angeun lada, ya. Biasanya angeun lada disajikan saat ada acara keluarga atau hari raya.

Terbuat dari babat sapi dan rempah pilihan. Rasa khasnya dihasilkan dari daun walang atau daun serangga. Kalau kamu ingin mencicipinya, angeun lada tersedia di warung-warung daerah Serang dan Pandeglang.

4. Sayur Besan Tanggerang

Mengapa dinamakan sayur besan? Karena hidangan ini disajikan saat prosesi pernikahan. Kini, sayur besan sudah jarang ditemui pada acara pernikahan karena bahan utamanya sulit didapatkan.

Bahan utamanya sendiri adalah terubuk, kentang, petai dan bihun. Rasa sayur besan begitu gurih, apalagi ditambah dengan udang kering yang membuat rasanya semakin nikmat tiada tara.

5. Rabeg

Suka hidangan pedas dan manis? Wajib, cobain rabeg! Bahan utama rabeg ialah daging dan jeroan kambing. Sepintas mirip dengan semur dicampur tongseng namun, rabeg memiliki berbagai rempah-rempah yang membuat rasa pedasnya bikin nagih.