Mie Ayam Dengan Topping Melimpah di Kulon Progo

Wisatakuliner.org- Saat ini ada makanan yang sangat viral dari Kulon Progo yakni mie ayam dengan topping melimpah, saking banyaknya topping ayamnya , mienya hampir tidak terlihat.

Mie ayam merupakan olahan mie tradisional yang berasal dari Indonesia yang sampai sekarang ini masih banyak diminati. Makanan satu ini berupa olahan mie segar yang direbus lalu diberi topping olahan ayam yang rasanya manis juga gurih. Selain olahan ayam kecap, biasanya mie ayam juga disajikan dengan sedikit kuah kaldu bening dan sayuran sawi rebus biasanya akan ditambah dengan sambal atau saos sesuai selera masing-masing.

Di Indonesia mie ayam sudah menjadi salah satu makanan yang masih banyak dicari. Banyak juga yang menyajikan mie ayam dengan cara yang unik. Seperti di Yogyakarta ada Mie Ayam Bu Tumini yang disajikan dengan kuah kental tidak seperti kuah mie ayam biasanya. Ada juga yang mengkreasikan dengan mie berwarna-warni.

Pada beberapa pekan terakhir ada mie ayam yan gviral di kalangan para pecinta kuliner, namanya Mie Ayam Pakde Wonogiri yang berada du Karangtengah Kidul, Margosari, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta ini. Lebih tepatnya di selatan SMKN 2 Pengasih. Mie ayam ini cukup unik karena menggunakan topping yang sangat banyak hingga topping ayam kecapnya membuat mie ayam hampir tidak terlihat sama sekali. Ada daun bawang dan juga sambal yang disajikan di tempat terpisah. Harga satu porsi mie ayam ini sangat pas di kantong yaitu 15.000.

Warung Mie Ayam Pakde Wonogiri ini tidak hanya menyediakan mie ayam saja, namun ada juga berbagai jenis bakso. Mulai dari bakso telur, bakso tengkleng, bakso tusuk, bakso gunung merapi dan bakso gunung merbabu. Untuk harganya juga tidak terlalu mahal mulai dari 9.000 hingga paling mahal 28.000 saja.