5 Kuliner Berbahan Olahan Ikan Khas Sulawesi yang Bikin Menggoda Selera

Wisatakuliner.org – Sulawesi sendiri merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia dengan kekayaan budaya dan juga sumber daya alam yang luar biasa. begitu juga dengan kuliner Makanan khas Sulawesi cukup populer di Indonesia, dengan citarasa yang unik dan bumbu rempah yang cukup kuat membuat makanan khasnya banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

inilah 5 kuliner berbahan olahan ikan khas Sulawesi yang menggiurkan lidah ini sebagai inspirasi masakan di rumah dan bisa dijadikan sebagai lauk untuk menu makan keluarga di rumah. Apa saja?

1. Ikan Dole

Ikan dole adalah kuliner yang terbuat dari ikan tenggiri giling, kelapa parut, dan bumbu. Umumnya berbentuk segitiga, ikan dole dimasak dengan cara digoreng hingga warnanya berubah cokelat keemasan. Kuliner ikan yang ini bisa juga dijadikan sebagai bekal untuk makan siang kamu di kantor, lho!

2. Bau Piapi

Sebelumnya kuliner ikan yang dipanggang, maka bau piapi dimasak berkuah. Menggunakan ikan laut segar sebagai bahan pembuatannya. Kuliner ini dimasak menggunakan bermacam bumbu rempah yang menghasilkan warna kuning. Saat kamu menyajikan bau piapi, jangan lupakan bawang goreng yang melengkapi aroma sedapnya.

3. Ikan Kuah Asam

Ikan kuah asam adalah sejenis sup kuah bening dengan rasa asam yang menyegarkan. Ikan yang digunakan sebagai bahan utama kuliner ini bisa menggunakan ikan laut sesuai selera, yang kemudian dipotong menjadi beberapa bagian.

Bumbu yang diperlukan untuk membuat ikan kuah asam juga cukup sederhana dengan tambahan perasan jeruk nipis serta irisan cabai yang bikin cita rasanya semakin kuat.

4. Bilenthango

Bilenthango ialah ikan yang dibelah menjadi dua bagian lalu digoreng bersama bumbu yang terdiri dari cabai, bawang merah, tomat, dan garam. Kuliner ikan yang ini cukup unik ketika proses menggoreng di mana ikan dilapisi dengan daun pisang saat digoreng. Tidak hanya itu, bumbu ikan pun diletakkan pada bagian atas.

5. Sate Tuna

Sate tuna juga dapat dijadikan sebagai inspirasi masakan di rumah. Ikan tuna dipotong kecil-kecil kemudian ditusukkan ke tusukan bamboo atau lidi. Karena mudah rapuh, diperlukan kesabaran saat menusukkan ikan tuna supaya tidak ambyar. Nah, supaya maknyus ketika dilahap, beri taburan irisan kubis di atas nasi saat menyantap sate tuna.