Mengenal Jajanan Tradisional Khas Garut Jawa Barat, Burayot

Wisata Kuliner – Garut memang di kenal dengan kotanya dodol, dan belakangan ini juga ada jajanan seperti chocodot. Padahal untuk Garut sendiri banyak beberapa makanan khas satu ini ialah burayot.

Burayot sangat di kenal oleh masyarakat khususnya Leles, Kadungora, dan Wanaraja. Untuk rasanya burayot mememiliki rasa yang manis dan gurih. Dengan begitu burayot banyak di sukai oleh banyak orang.

Burayot ayau ngaburayot dalam bahasa Sunda memiliki arti ‘bergelantungan’. Burayot terbuat dari gula merah, kacang tanah, beras merah dan minyak kelapa. Proses pembuatanya pun tidak terlalu sulit, langkah pertama bumbuk beras merah menjadi tepung beras, dan gula merah terlebih dahulu di cairkan, sementara itu untuk kacang merah di goreng tanpa minyak ataupun bisa di sebut dengan di sangrai.

Proses selanjutnya kacang di tumbuk hingga halus. Setelah itu kacang merah dan tepung beras yang sudah halus tadi di masukan ke dalam cairan gula merah yang sudah di cairkan setelah di dinginkan. Aduk hingga merata dan di cetak dan kemudian di goreng menggunakan wajan. Setelah matang kemudian di tiriskan, nah saat di tiriskan di wajan, Jajanan ini harus di angkat dengan menggunakan penusuk dari bambu.

Karena sifatnya yang lembek itulah bisa di angkat menggunakan penusuk dari bambu dan saat di angkat dan ditusuk maka akan terlihat ngaburayot atau bergelantungan. Nah dari situlah makanan ini di sebut sebagai Burayot.