5 Minuman Tradisional Indonesia yang Bikin Adem

Wisatakuliner.org- Disaat masa new normal seperti sekarang ini sudah banyak orang yang sudah mulai beraktifitas kembali dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Apalagi saat ini Indonesia sedang memasuki musim kemarau dengan cuaca yang panas membuat aktifitas lebih menantang.

Cuaca panas akan mengundang beberapa masyarakat untuk bisa menikmati hidangan atau minuman dingin yang dapat membuat pikiran tenang. Di Indonesia sendiri memiliki beberapa minuman dingin yang khas dan cocok untuk melepas haus disaat cuaca panas sedang melanda. Dikutip dari Indonesia Travel, berikut beberapa es khas Indonesia yang bisa dicoba unutk melepaskan dahaga dan menenangkan pikiran saat cuaca panas :

1. Es Cendol

Minuman ini diisi dengan si hijau yang manis merupakan salah satu minumal favorit di Indonesia. Bila sudah melihat sajian minuman khas Jawa Barat ini pasti sulit untuk menolaknnya. Minuman yang menggugah selera ini terdiri dari es serut, santan dan gula aren dengan taburan cendol yang merupakan topping yang berwarna hijau dan kenyal terbuat dari pati kacang hijau yang dipadu dnegan tepu maizena.

2. Es Doger

Es satu ini sangat populer di Indonesia dan banyak dijual di kota-kota besar. Campuran dari es serut, santan, sirup coco pandan, ketan fermentasi dan juga singkong yang juga di fermentasikan membuat siapapun yang minum es doger akan bisa ketagihan karena cita rasanya yang sangat nikmat.

3. Sop Buah

Satu porsi sop buah akan menjadi pilihan yang cocok untuk menghilangkan dahaga. Bermacam-macam potongan buah yang dipadukan dengan susu akan menghasilkan cita rasa yang manis, segar, sedikit asam dalam satu paket. Untuk bisa merasakan sop buah sangat lah mudah mengingat hampir setiap kota-kota besar banyak penjual yang menyediakan menu minuman ini mulai dari di pinggir jalan ataupun di warung.

4. Es Teler

Nama Es Teler diambil dari sebuah perumpamaan dari seorang pelanggan yang minum minuman ini dan terasa sangat enak. Campuran alpukat, nangka dan kelapa yang dicampur dengan sirup buah dan susu kental akan memberikan kenikmatan yang luar biasa ketika di santap. Saat cuaca panas tentu siapapun yang melihat es teler akan segera menyantapnya. Walau tidak tradisional, namun sajikan yang diciptakan oleh HJ. Samijem Darmo Putro pada tahun 1957 ini sangat menunjukkan cita rasa khas Indonesia.

5. Es Palu Butung

Minuman ini memang jarang didengar, karena es ini merupakan salah satu hidangan khas Sulawesi Selatan. Namun kinni juga sudah bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Sajian ini terdiri dari pisang saba yakni sejenis pisang yang memiliki teksur keras dan kuah manis yang terbuat dari santan dan jus pandan. Pisang saba juga merupakan pisang yang paling banyak ditemukan di negara-negara Eropa dan Amerika Utara.

Kelima minuman dingin khas Indonesia bisa sedikit membantu anda melepaskan dahaga disaat musim kemarau yang menyebabkan cuaca panas. Agar bisa semakin tenang dan nyaman, anda bisa memesan berbagai minuman khas Indonesia ini melalui aplikasi pemesanan online.