Kuliner Sop Kaki Kambing dan Soto Enak di Kawasan Jalan Biak

Wisatakuliner- Jalan Biak bisa menjadi tujuan para pecinta sop kaki kambing dan soto untuk memuaskan selera, di sepanjang jalannya ada banyak penjual dua hidangan tersebut.

Ketika menyusuri Jalan Biak, Jakarta Pusat, para pengunjung akan melihat banyak penjual makanan di sisi kiri dan kanan sepanjang jalan. Tidak perlu heran, karena Jalan Biak memang terkenal sebagai kawasan kuliner malam hari. Masyarakan sekitar mengenalnya mengenal tempat ini dengan sebutan Jalan Biak Roxy, lokasinya dekat ITC Roxy Mas. Memang banyak orang saat makan siang atau setelah kerja biasanya singgah ke tempat ini untuk sekedar mengisi perut. Berbagai jenis kuliner bisa menjadi pilihan, namun yang sangat identik dengan Jalan Biak adalah kuliner sop kambing dan soto.

Selain malam hari, para pengunjung bisa singgah untuk makan pada jam istirahat kerja siang hari. Karena di tempat ini ada juga warung yang buka pagi sampai dengan sore bahkan malam hari. Meski menu yang ditawarkan juga sama, namun setiap warung sudah mempunyai pelangan setia masing-masing.

Berikut warung yang buka pagi sampai dengan siang hari di Jalan Biak :

1. Sop Kaki Sapi Pak Karto

Pak Karto menjual berbagai menu yang paling beda dari penjual lainnya di Jalan Biak karena ia menyediakan sop kaki sapi yang cocok menjadi pilihan bagi para pengunjung yang tidak suka kambing. Pak Karto mulai membuka lapak sederhananya sejak jam 9 pagi, karena banyak peminatnya dagangannya bisa habis pada jam 12 siang.

Satu porsi kaki sapi diberikan harga 45.000, isinya berupa potongan kikil yang lembut dan jika beruntung bisa mendapakan sumsumnya. Selain itu juga dilengkapi dengan potongan kentang, daun bawang, tomat, dan emping. Pak Karto sudah berjualan sop kaki sapi sejak tahun 1980-an dan resepnya diturunkan secara turun temurun.

2. Soto Madura Ngatidjo

Pencarian kuliner Jalan Biak via internet, pasti akan menemukan Soto Madura Ngatidjo sebagai salah satu rekomendasi kuliner yang harus dicoba. Racikan soto madura disini bisa dibilang legendaris, karena sudah ada sejak tahun 1964, berbeda dari penjual lainnya yang hanya membuka lapaknya di tenda atau gerobak, Soto Madura Ngatidjo berkonsep rumah makan.

Satu porsi soto dijual seharga 25.000, kuahnya kuning dan kental dengan cita rasa gurih yang berasal dari kaldu ikan bandeng. Untuk komposisi soto Madura bisa memilih sesuai dengan selera masing-masing bisa daging saja atau dicampur jeroan seperti paru, usus, babat dan lainnya.

3. Soto Roxy H. Darwasa

Geser sedikit dari Jalan Baik, para pengunjung akan diberikan rasa soto Betawi yang sama dengan yang berada di pusat. Lokasinya di Jalan Tidore No. 2, rumah ini buka sejak pagi dan tutup sekitar pukul jam 2 siang.

Soto Betawi H. Darwasa sudah ada sejak tahun 1948, banyak pejabat-pejabat penting DKI Jakarta sudah pernah singgah di sini. Berbeda dari racikan soto Betawi di tempat lain yang menggunakan pelengkap kentang dan tomat, di sini hanya daing atau jeroan saya. Kuahnya berwarna cokelat keruh, penyajiannya jgua berbeda, bukan dengan mangkuk melainkan dengan piring. Satu porsi soto Betawi di patok dengan harga 35.000.

4. Sudi Mampir

Sudi Mampir adalah warung tenda yang menjual sop kaki kambing sebagai menu andalannya. Di spanduk jelas tertulis warung ini sudah ada sejak tahun 1969, resepnya diracik secara turun temurun oleh Haji Ismail. Harga seporsi sop kaki kambing di sini dibanderol 66.000, para pengunjung bisa memilih potongan daging atau jeroan sesaai dengan selera. Nantinya akan disajikan dengan tambahan kuah susu segar yang nikmat dan diberikan daun bawang, irisan tomat, bawang goreng dan emping.

5. Dudung Roxy

Para pengunjung tidak boleh kelewatan untuk singgah ke Dudung Roxy yang memang sudah terkenal. Bisa dibilang warung makan ini yang paling menonjol diantara lainnya di Jalan Biak. Pelanggannya datang silih berganti untuk bisa merasakan racikan sop yang sudah ada sejak tahun 1975 ini.

Sebelum makan, para pengunjung harus memilih dulu bagian daging atau jeroan yang di inginkan, setelah itu nantinya pesanan akan diantarkan ke meja masing-masing. Cita rasa kaldu kambing yang khas menjadi daya tarik tersendiri untuk racikan sop disini. Dagingnya empuk sehingga banyak diminati oleh para pengunjung, perporsinya diberikan harga sekitar 60.000.

6. H. Udin

Tepat di seberang Dudung Roxy, ada sop kambing racikan H. Udin yang menunya sudah ada selama lebih dari 30 tahun dan saat ini dikelola generasi kedua. Racikan sop kambing yang dijajakannya tidak jauh berbeda dengan tempat-tempat sebelumnya.

Bahan utama yang digunakan juga tidak berbeda dengan warung-warung lainnya yakni kaldu kambing dan juga susu. Sop kaki kambing H. Udin juga bisa menjadi pilihan saat para pengunjung mencoba menu selain Dudung Roxy. Untuk satu porsinya diberikan harga 50.000..

7. Soto Tangkar dan Sate Kuah H. Diding

Jalan Biak mempunyai kuliner nikmat yang berbeda dari lainnya berupa soto tangkar, racikan soto ini merupakan satu-satunya di kawasan ini. Tempat makan ini merupakan cabang dari Pasar Pagi, soto tangkas diracik dengan potongan daging dan jeroan sapi.

Yang unik, H. DIDING juga menawarkan sate kuah, potongan daging dan lemak dibakar layaknya sate, lalu dipadukan kuah soto tangkar. Ada aroma dan rasa yang khas dari makanan ini, per porsi soto tangkar dihargai 20.000, sedangkan untuk sate kuah dibanderol dengan harga 15.000.