5 Olahan Tradisional yang Dulu Sering Dikonsumsi

Wisatakuliner.org- Indonesia terkenal memiliki keberagaman berbagai olahan kuliner, keberagaman tersebut kemudian teruse berkembang seiring perkembangan zaman dengan inovasi baru. Namun sebeum ada inovasi-inovasi baru tentu menu tradisional sudah ada lebih dulu. Lantas, menu apa saja yang dulu sering di konsumsi oleh kebanyakan masyarakat Indonesia

Berikut 5 daftar olahan tradisional yang dulu sering dikonsumsi :

1. Pisang Rebus

Olahan pisang rebus sebenarnya masih cukup sering dikonsumsi sampai sekarang ini, meski sudah banyak berbagai inovasi kuliner dengan berbagai tambahan bahan sebagai toppingnya. Namun tetap saja eksistensi dari pisang rebus masih tetap menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia. Dulunya olahan ini memang menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia pada saat ngobrol santai.

2. Singkong dan Ubi Rebus

Hampir sama dengan olahan pisang rebus, olahan ini sama-sama direbus. Namun yang menjadi perbedaaan ialah menu olahan ini dulu banyak dikonsumsi sebagai alternatif pengganti nasi. Sebagai sumber penghasil karbohidrat, tidak heran bila masyarakat Indonesia dulu banyak yang mengonsumsinya.

3. Tiwul

Olahan tiwul juga biasa dikenal dengan nama nasi tiwul, menu olahan ini merupakan pengganti nasi yang biasanya terbuat dari bahan singkong yang melewati berbagai tahap pengolahan sehingga hampir membentuk gumpalan nasi. Selain itu, menu tiwul juga diberikan tambahan topping berupa parutan kelapa.

4. Nasi Jagung

Hampir sama dengan olahan nasi tiwul yang menjadi alternatif pengganti beras, menu olahan ini sesuai dengan namanya yang merupakan olahan yang berbahan utama dari jagung. Biasanya dimakan bersama dengan aneka lauk layaknya makan nasi pada umumnya.

5. Telur Asin

Makanan tradisional ini namanya masih tetap banyak dicari sampai sekarang ini, makanan yang terbuat dari telur bebek ini memiliki rasa asin karena melalui proses pengolahan dengan menggunakan garam. Selain itu menu camilan ini, sangat cocok untuk lauk makan sehari-hari.