Beberapa Kuliner Khas Jawa Timur Yang Bisa di Jadikan Inspirasi Lauk Makan Siang

Wisata Kuliner – Banyak kuliner Nusantara yang bisa di jadikan inspirasi lauk untuk makan siang. Dengan begitu pasti bingung untuk menentukanya, nah kamu bisa pilih menu makanan siang ini dengan kuliner khas Jawa Timur.

Kuliner Jawa Timur ini memang sangat mudah untuk di buat dan sangat cocok untuk makan siang kamu. Berikut makanan khas Jawa Timur yang enak dan gampang buatnya.

1 Botok tempe

Botok adalah satu makan khas Jawa Timur yang di masak dengan cara di bungkus dengan daun pisang lalu di kukus. Botok juga bisa di bikin dari bermacam bahan yang salah satunya ialah tempe. Untuk racikan botok ini selain dengan tempe ada petai cina, kelapa parut dan ikan teri yang sudah di bumbui dengan cabai, bawang, kencur, dan garam.

2 Uyah asem pitik

Uyah asem pitik dalam bahasa Indonesia, pitik artinya ayam. Berkuah bening dengan rasa pedas asam. Uyah asem pitik segar bisa di santap saat siang hari yang bisa bikin keringat bercucuran. Uyah asem sendiri berbahan dasar ayam yang di masak dengan cara di rebus terlebih dahulu agar daging empuk. Setelah itu masukan bumbu yang sudah di tumis. Jangan lupa beri irisan belimbing wuluh yang memberi rasa asam.

3 Otak-otak bandeng

Cara untuk membuat otak-otak bandeng ialah hampir mirip dengan satai bandeng khas Banten. Dimana daging bandeng di keluarkan terlebih dahulu dan kemudian di haluskan bersama bumbu, setelah itu di masukan kembali ke kulit ikan bandeng.

4 Orem-orem

Orem-orem sendiri terbuat dari irisan tempe serta tahu yang di masak bersama bumbu santan, dan gula merah. Taoge dan telur bebek rebus ialah pelengkap dari orem-orem. Untuk menu masakan ini sangat cocok di santap pada siang hari sehingga kelezatanya menjadi berkali-kali lipat.

5 Belut pedas

Bosan dengan menu masakan ayam dan ikan atau sayuran yang itu-itu aja? Kamu bisa menggantikan belut sebagai salah satu menu pilihan makan siangmu. Sebelum di tumis bersama bumbu yaitu seperti bawang, cabai, serta garam, belut harus di lumuri dengan garam terlebih dahulu dan perasan jeruk nipis. Setelahnya belut bisa di goreng hingga matang.