Resep Mi Titi, Kuliner Khas Makassar Yang Enak dan Gampang di Buat

Wisata Kuliner – Mi titi yaitu kuliner khas Sulawesi Selatan yang awalnya di buat oleh Ang Kho Tjao yaitu seorang keturunan Tionghoa yang telah tinggal di Makassar. Ia menjual hidangan tersebut sejak tahun 70-an dan telah di turunkan kepada 3 anaknya.

Untuk Nama titi sendiri berasal dari nama panggilan anak bungsunya yaitu ‘titi’ yang berarti adik laki-laki dalam bahasa Tionghoa. Makanan inilah yang paling laris hingga kini dan akhirnya makanan ini di dengan mi titi. Untuk yang ingin mencicipi hidangan ini bisa kok membuatnya di rumah, bikinya gampang dan tentunya enak. Berikut resep untuk membuat mi titi.

1 Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

– 250 gram mi telor
– 1/2 potong dada ayam, potong dadu
– 1 buah hati dan ampela ayam (opsional)
– 2 buah cumi-cumi ukuran sedang, potong setebal 2 cm
– 6 buah udang jerbung ukuran sedang,yang sudah bersihkan kepala dan kulitnya
– 1 buah otak-otak ikan, potong serong setebal 2 cm, lalu goreng kering
– 3 buah bakso ikan, iris menjadi 4 bagian
– 1 buah wortel ukuran sedang, iris serong
– 1 ikat sawi hijau, potong ukuran sedang
– 6 buah jamur kancing ukuran sedang, iris tipis (opsional)
– 2 butir telur ayam
– 2 sdm tepung maizena

Bumbu:

– 3-5 siung bawang putih, cincang halus
– 1 1/2 cm jahe, cincang halus
– 2 batang daun bawang, iris setebal 1 cm
– 1 sdm saus tiram
– 1/2 sdm minyak wijen
– 2 sdm kecap ikan
– 2 sdm kecap asin
– 1 1/2 sdt merica bubuk
– Garam secukupnya
– Gula secukupnya

Pelengkap:

– Acar secukupnya
– Jeruk nipis secukupnya

 

2 Rebus mi sampai setengah matang, lalu goreng dengan minyak panas

Rebus mi dalam panci dengan air yang mendidih hingga setengah matang, angkat dan tiriskan. Panaskan minyak dan goreng mi sampai matang. Setelah matang angkat serta tiriskan mi nya. Untuk mi jangan pernah di aduk saat di rebus dan di goreng agar mi sendiri tidak terurai.

3 Tumis bawang bumbu, ayam, cumi, dan yang lainya

Siapkan wajan dan tuangkan minyak sedikit, panaskan dengan menggunakan api kecil. Masukan bawang putih, jahe, serta daun bawang. Selanjutnya tumis sampai harum dan bawang sampai berwarna kecoklatan. Masukan seperti hati, ampela ayam, daging ayam, otak-otak ikan, cumi, serta bakso ikan, lalu tambahkan sedikit air dan masak sampai semuanya matang.

4 Masukan wortel dan bumbu penyedap lainya

Jangan lupa untuk masukan wortel dan tumis sampai setengah matang, setelah itu masukan saus tiram, kecap ikan, minyak wijen, merica bubuk, kecap asin, gula, dan garam. Aduk sampai merata dan cicipi rasanya.

Langkah selanjutnya kocok lepas telur dan tuangkan ke wajan sambil di aduk sampai menjadi serabut. Setelah itu masukan udang jerbung, jamur kancing, dan sawi hijau sampai matang.

5 Tuang tepung maizena yang sudah di cairkan

Cairkan tepung maizena dengan beberapa sendok air, tuang ke dalam wajan dan aduk hingga menjadi kuah kental. Setelah itu matikan kompor, dan siapkan mi yang telah di goreng tadi ke dalam piring. Selanjunya siram mi dengan sayur yang sudah di masak tadi, jangan lupa tambahkan acar dan jeruk nipis. Mi titi siap di hidangkan.