Beberapa Rekomendasi Kuliner Olahan Tahu di Semarang

Wisata Kuliner – Saat ke Semarang wajib harus cobain olahan khas olahan tahu yang di kenal dengan ke enakanya. Memang kota Semarang di kenal dengan olahan tahunya yang enak dan bikin nagih.

Ibu kota Semarang ini, kita bisa menjumpai beragam kuliner olahan tahu dengan sangat mudah. Misalnya nih ada tahu pong, wedang tahu, dan tahu gimbal yang menjadi kulinernya khasnya. Berikut beragam kuliner olahan tahu yang enak di Semarang.

1 Tahu Pong Gajah Mada

Tahu Pong Gajah Mada ialah salah satu kuliner makanan legendaris yang ada di Semarang. Lokasinya berada di jalan Gajah Mada No 63B, Kembangsari, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang.

Kuliner ini juga sudah di kelola oleh generasi ke tiga dari keluarga yang merupakan pendiri Tahu Pong Gajah Mada. Dalam seporsi Tahu Pong Gajah Mada terdiri dari tahu yang di sajikan dengan salah satu kuah dari kecap, petis, bawang, serta acar lobak putih.

Memang bumbu di tempat ini memang terasa berbeda karena menggunakan resep rahasia yang sudah di gunakan sejak generasi pertama. Nah untuk seporsi Tahu Pong Gajah Mada komplit ini harganya Rp32 ribu.

2 Tahu Pong Karangsaru

Ada lagi nih selain Tahu Pong Gajah Mada ternyata Tahu Pong Karangseru yang tidak kalah legendarisnya yaitu berada di Jalan Pringgading No 11D, Brumbungan, Kecamatan Semarang Tengah.

Untuk Tahu Pong disini sudah ada sejak 1949, dalam satu porsinya terdiri tahu pong goreng, irisan telur bebek rebus, gimbal, kuah khusus, emplek. Kuahnya sendiri mempunyai rasa yang berbeda yakni terdiri dari petis, kecap asin, bawang, sehingga dapat menghasilkan rasa gurih, manis, dan sedikit asin.

Saking enak dan legendarisnya, Tahu Pong Karangsaru menjadi salah satu langganan Michael Bambang Hartono yaitu pemilik Grup Djarum, salah satu orang terkaya di Indonesia.

3 Tahu Gimbal Pak Edi

Tahu Gimbal Pak Edi ini menjadi salah satu tempat olahan tahu yang terkenal dengan rasanya yang autentik. Dalam satu porsi terdiri dari tahu, telor ceplok, bakwan udang, irisan kubis, dan lontong yang di siram menggunakan sambal kacang. Harga satu porsi tahu ini yaitu Rp17 ribu.

Alamat: Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan

4 Wedang Tahu Tjoa

Wedang Tahu Tjoa di buat dengan 100% dari bahan alami. Karena tahu nya pun tidak terasa langu di lidah. Selain itu untuk kuah jahenya juga disajikan dengan hangat dan di tambah rasa manis yang pas dari gula aren. Untuk satu porsi Wedang Tahu Tjoa ini harganya Rp10 saja.

Untuk lokasinya berada di kawasan Pecinan, tepatnya di Jalan Wotgandul Timur, Krangan, Kecamatan Semarang Tengah.

5 Tahu Petis Prasojo

Tahu Petis Prasojo salah satu tempat yang wajib di coba saat ke Semarang, dimana lokasinya berada di kawasan kuliner Simpang Lima, Pleburan, Semarang Selatan. Tahu Petis Prasojo di kenal dengan pelopor penjual tahu petis yang ada di Semarang. Dari tekstur tahunya yang kering, renyah, namun tetap lembuh saat di kunyah. Ditambah lagi dengan bumbu petis yang di sajikannya pun punya rasa yang bikin ketagihan.

Nah itu dia rekomendasi kuliner tahu khas Semarang yang bisa kamu cicipi saat datang ke Semarang. Makan enak namun harga terjangkau.