Ini Dia Resep Kue Mata Roda, Olahan Bebahan Singkong Enak dan Legit

Wisata Kuliner РSetiap daerah pastinya memiliki jajanan kue basah yang nikmat, salah satunya ialah kue mata roda  asal Jawa Barat nih. Dari tampilanya sudah jelas kue basah ini sangat menarik dengan warna-warni yang cantik.

Kue mata roda ini di lengkapi dengan parutan kelapa yang membuat kue ini menjadi rasa manis dan gurih. Nah bagi kalian yang mau bikin kue basah ini bisa lihat resepnya di bawah.

1 Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan-bahan:

– 1 kilogram singkong parut yang sudah diperas dan dibuang airnya
– 1 bungkus santan
– sejumput garam
– 1 bungkus agar-agar putih
– pewarna makanan merah dan hijau secukupnya
– pisang tanduk secukupnya
– kelapa parut secukupnya
– 7 sdm gula pasir

2 Kukus kelapa parut

Panaskan panci pengukus, kemudian masukan kelapa parut ke dalam wadah dan kukus hingga matang.

Jangan lupa angkat dan pindahkan ke dalam wadah, beri sedikit garam dan aduk hingga merata dan sisihkan.

3 Buat adonan

Langkah selanjutnya, campurkan singkong yang sudah di parut tadi. Tambahkan gula pasir, garam, santan, dan agar-agar bubuk, aduk sampai merata dan tercampur. Kemudian pisahkan adonan menjadi dua bagian.

Berikan pewarna merah pada salah satu adonan, kemudian tuang kembali pewarna hijau pada adonan lainya. Selanjutnya aduk adonan sampai berubah warna.

4 Pindahkan adonan ke dalam daun pisang

Langkah selanjutnya letakan adonan yang berwarna merah di atas daun pisang, dan tumpuk dengan satu buah pisang. Selanjutnya tumpuk kembali menggunakan adonan warna hijau.

Padatkan semua sisi adonannya dengan menggunakan sendok, dan gulung daun pisang serta di tutup ujungnya menggunakan tusuk gigi.

5 Kukus hingga matang, lalu sajikan

Kukus adonan yang sudah siap tadi ke pengukusan yang sudah di panaskan. Kukus sampai matang sekitar 35 menit. Setelah matang angkat dan keluarkan adonan dari daun pisang. Tunggu sampai matang dan kemudian di potong-potong sesuai dengan selera. Setelah itu jangan lupa untuk gulingkan ke dalam parutan kelapa yang sudah siap di buat, dan kue basah mata roda siap di sajikan.

Nah, itu dia resep kue mata roda untuk camilan keluarga di rumah. Sajikan dengan teh hangat biar makin nikmat.