Resep Bubur Bassang Makanan Khas Makassar, Enak Namun Terancam punah

Wisata Kuliner – Bubur bassang merupakan salah satu makanan khas dari Sulawesi Selatan, yang sudah jarang di temui. Menjamurnya makanan yang lebih kekinian seakan menggeser adanya bubur bassang.

Untuk soal rasa, makanan yang berbahan dasar dari jagung ini memiliki rasa yang enak dan lezat. Ada juga berbagai macam manfaat serta kandungan yang berada di dalamnya.
Bagi kamu yang penasaran dengan resep bubur bassang, berikut resepnya.

1 Bahan-bahan yang diperlukan

– Jagung pulut (jagung putih/pulen)
– 1 liter santan
– 200 ml santan kental
– 100 ml air
– 50 gram tepung beras (bisa menggunakan terigu)
– 2 lembar daun pandan
– Garam dan gula secukupnya

2 Persiapan sebelum membuat bassang

Untuk persiapan kamu bisa kupas jagung pulut dan bersihkan. Kemudian rendam jagung yang sudah tadi di bersihkan selama kurang lebih 12 jam atau semalaman. Hal ini dikarenakan agar jagung tidak keras dan menjadi empuk.

3 Cara membuat bubur bassang

– Pertama ambil jagung yang sudah di rendam semalaman, dan tiriskan.

– Rebus jagung pulut sampai empuk, agar cepat empuk, kamu bisa tambahkan air jika air rebusan sudah berkurang.

– Nah jika jagung di rasa sudah empuk, masukkan santan dan daun pandan. Aduk perlahan dan jangan sampai santan pecah.

– Langkah selanjutnya ambil 50 gram tepung beras, larutkan dengan air sebanyak 100 ml. Setelah itu kamu bisa tambahkan ke dalam rebusan jagung dan aduk hingga mengental.

– Tambahkan garam secukupnya saja, kemudian aduk kembali hingga rata sampai bubur bassang benar-benar matang. Untuk melihat adonan bubur matang atau belum biasanya adonan akan meletup-letup.

– Angkat jika bubur dirasa sudah matang sempurna. Sajikan bubur bassang dengan menambahkan santan kental dan taburan gula sebagai salah satu pemanisnya. Dan bubur bassang siap di santap.

Nah untuk manfaatnya nih guys! Bassang memang pada umumnya di konsumsi saat pagi hari sebagai salah satu alternative saat sarapan. Karena terbuat dari jagung yang merupakan sumber karbohidrat dan vitamin, bassang ternyata bisa menjadi salah satu sumber energy yang baik agar semangat dan tentunya bertenaga. Nah untuk kamu yang sedang diet, bubur bassang ini sangat cocok nih.