Ada Sejak 1980, Sop Kaki Sapi Pak Karto Selalu Ramai Pengunjung

Wisatakuliner.org- Sop kaki sapi Pak Karto menjadi salah satu menu incaran para pengunjung yang datang ke Jalan Biak Roxy untuk menikmati kuliner yang ada di sepanjang jalan. Racikan sop ini banyak diminati karena sudah ada sejak tahun 1980 dengan resep yang diwariskan secara turun temurun.

Jalan Biak, Jakarta Pusat atau yang sering lebih dikenal dengan Biak Roxy memang sudah populer dengan kuliner sop kaki kambingnya. Para penjual yang menempati lapak kaki lima yang mulai buka pada sore hingga malam hari. Diantara sekian banyak penjual sop kaki kambing, ada juga penjual sop kaki sapi. Warung itu dikenal di kalangan para pecinta kuliner sebagai Sop Kaki Sapi Pak Karto, sop kaki sapi ini sudah ada sejak dulu. Pak Karto membuka lapak jualannya mulai dari jam 9 pagi di bawah Goa Billiar. Tidak jarang, setelah jam 1 siang dagangannya sudah habis terjual.

Menu yang disediakan Pak Karto senndiri tidak pernah berubah sejak dulu. Hanya ada satu saja yakni sop kaki sapi, yang diberikan harga 45.00 per porsinya. Awalnya Pak Karto berjualan di Tanah Abang, namun ia pindah ke Jalan Biak. Lokasi pertama ia membuka lapak ada di seberang persis tempatnya sekarang, namun karena pemilik rumah depannya tidak mengizinkan lagi akhirnya ia pindah.

Sop kaki sapi sapi yang ia sajikan dilengkapi potongan kentang, daun bawang, tomat, dan emping ditambah dengan kuah kaldu yang gurih. Kaki sapi yang empuk dan kenyal menjadi kunci kenikmatan sop di sini, cita rasanya sangat pas dengan seluruh pelengkap sop yang campurkan ke dalam sop. Per harinya Pak Karto menghabiskan 11 sampai 14 batang kaki sapi per hari. Untuk pengunjungnya datang dari berbagai kalangan dan berasal dari berbagai daerah bahkan ada yang dari Kelapa Gading, Karawaci dan Bandung.

Mempertahankan usaha makanan dengan menu yang sama dalam kurun waktu 40 tahun bukanlah perkara yang mudah. Pak Karto mengaku kuncinya ada pada kepuasan para pelangannya, ia mengatakan tak ragu memberi isian sop yang banyak supaya para pengunjungnya bisa puas menyantap sop kaki sapi hidangannya. Untuk rencana kedepannya Pak Karto sudah menyiapkan anaknya untuk meneruskan bisnis sop kaki sapi ini.