Resep Martabak Telur Khas Palembang, Enak dan Gampang di Bikin. Yummy!

Wisata Kuliner – Martabak telur yang satu ini memang beda dengan yang lain. Martabak telur khas Palembang ini ialah martabak yang isianya berupa telur utuh sehingga kuning dari telur masih kelihatan.

Kulit dari martabak telur khas Palembang ini cenderung sedikit basah, meski begitu masih ada rasa crispy dan garing dari kulit martabaknya sendiri. Untuk cocolan atau saur nya juga berbeda, yakni kuah kari ayam kentang dan jika kamu suka dengan aroma serta rasa ini cocok banget. Karena karinya mempunya aroma dan rasa khas rempahnya. Dengan begitu, kuah kari ayam dan potongan kentang yang berada di dalamnya juara banget.

Mau tau dengan resepnya, berikut resep supaya kamu bisa bikin dirumah guys!

1 Bahan-bahan yang diperlukan

Tepung terigu 150 gram

Telur ayam 12 butir

Air 75 ml

Garam secukupnya

Minyak goreng secukupnya, untuk merendam adonan

Kari ayam kentang, untuk pelengkap

Acar mentimun dan cabai rawit

2 Membuat adonan kulit

Hal pertama yang harus di buat ialah adonan untuk kulitnya. Campur tepung terigu dan garam lalu aduk sampai merata. Setelah itu tuangkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus di aduk. Uleni adonan dengan menggunakan tangan sampai kalis.

3 Gilas adonan kulit

Setelah adonan kalis, potong-potong adonan kulit menjadi beberapa bagian lalu bentuk bulat. Setelah itu rendam dalam minyak goreng selama kurang lebih 2 jam.

Kemudian gilas setiap bulatan adona kulit tadi sampai pipih dan melebar. Setelah itu letakan di atas wajan pipih yang sudah diberi sedikit minyak.

4 Goreng adonan kulit martabak

Setelah itu pecahkan dua butir telur dan tuangkan ke atas adonan kulit. Lipat adonan kulit sehingga bentuknya menyerupai amplop dan menutup ke bagian telur yang sudah di tuangkan tadi. Goreng hingga telur dan kedua sisi adonan kulit matang.

5 Sajikan bersama kuah kari

Setelah matang, sajikan martabak bersama dengan acar mentimun, cabai rawit, serta kuah kari ayam kentang. Dan martabak khas Palembang siap di sajikan selagi hangat.