Resep Botok Daging, Menu Tradisional Sedap dan Nikmat

Wisata Kuliner – Indonesia memang di kenal dengan berbagai hidangan bungkusan dari daun pisang yang sangat mengunggah selera. Banyak yang menyetujui bahwa daun pisang bisa membuat aroma masakan menjadi menggiurkan.

Salah satunya olahan botok, sajian khas Jawa Tengah. Jenis botok tentunya sangat beragam, mulai dari tahu, tempe, jantung pisang, jamur, sampai dengan sayuran. Nah untuk saat ini kamu bisa membuat botok dari daging sapi, penasaran seperti apa resepnya, berikut penjelasanya.

1 Bahan-bahan yang diperlukan

Bahan utama:

– 70 ml santan

– 500 gram daging sapi segar

– 10 lembar daun salam

– 12 cabai rawit, belah dua

– daun pisang secukupnya

– lidi semat secukupnya

Bahan bumbu halus:

– 8 siung bawang merah, (kupas)

– 5 siung bawang putih, (kupas)

– 5 cabai merah keriting

– 5 butir kemiri

– 1 sdt ketumbar bubuk

– 1 sdt gula merah

– garam secukupnya

– kaldu bubuk secukupnya

2 Potong daging dan haluskan bahan

Pertama cuci daging sapi sampai bersih dengan air mengalir, lalu keringkan dengan tisu. Letakan daging sapi di atas talenan, potong menjadi beberapa bagian dan pastikan untuk ukuranya tidak terlalu besar.

Selanjutnya haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit keriting, ketumbar bubuk, kemiri, garam, gula merah, serta kaldu bubuk.

3 Campur daging dengan santan dan bumbu halus

Letakan potongan daging sapi dalam wadah, dan tuang santan beserta bumbu halus ke dalamnya. Aduk daging bersama dengan bumbu sampai merata.

Langkah selanjutnya, ambil daun pisang selembar dan letakan daun salam. Tambahkan satu sendok makan daging sapi dan satu buah cabe rawit di atasnya.

Bungkus daging dan sematkan di kedua sisi daun pisang dengan lidi. Lakukan sampai dengan adonan habis.

4 Kukus botok daging hingga matang

Tata botok di dalam panci, lalu tutup dan kukus sampai matang dalam waktu 50 menit, jangan lupa untuk tutup panci di bungkus dengan kain.

Setelah di rasa sudah matang, matikan kompor dan angkat botok daging. Sajikan botok daging sapi dengan nasi hangat, di jamin bikin nagih.