Kuliner Viral di Solo, Bubur Bakar Yang Unik Saat Memasaknya

Wisata Kuliner – Sajian kuliner bubur bakar memang masih di kenal asing bagi banyaknya masyarakat. Namun kini kuliner bubur bakar ini menjadi salah satu kuliner Solo yang sedang viral.

1 Antrian panjang saat membeli

Bubur bakar ini di jual di Kampung Badran, Solo yang saat ini sedang viral di media social. Untuk membeli satu mangkuk bubur ini juga sangat di butuhkan kesabaran ekstra. Bagaimana tidak, bubur bakar ini buka jam 06.00 namun antrianya sudah memangjang dan tentunya memadati lapak yang lokasinya berada di Jalan Hasanudin, Nomor 40, Solo.

Salah satu pembeli mengatakan jika untuk membeli bubur bakar ini ia rela untuk mengantre sekitar 30 menit. Antrian ini pun dilakukan di luar warung yang tujuanya menghindari kerumunan.

‘ Kita datang dapat nomor antrian 76, terus mengantre di luar baru nanti ada kursi kosong di dalam warung, masuk satu-satu, semuanya sudah diatur sama yang punya warung, ‘ ungkapnya disela-sela menunggu antrian.

2 Cara memasaknya yang unik

Sesuai dengan namanya yaitu bubur bakar, cara memasak bubur ini yaitu dengan cara di bakar. Saat bubur yang sudah matang di sajikan dalam clay pot kemudian di bakar di atas kompor sampai meletup-letup. Hal ini menjadikan kolaborasi antara bubur khas Jawa Tengah dengan China ini sangat enak di santap saat masih panas.

Setelah di masak, berbagai topping juga di masukan ke dalam bubur dengan sesuai selera masing-masing. Pembeli bisa menambahkan aneka sesuai dengan selera mulai dari ayam panggang merah, ikan dori, daging sapi asap, ikan cakalang asap, telur pitan, balado teri, kerang, cumi pedas, telur ayam kampung, jagung wangi, dan ayam kecap.

‘ Cara memesak ini kita pakai clay pot lalu dibakar sampai meletup-letup kemudian di sajikan selagi panas, selama memasak bisa diberi tambahan telur atau yang lainya,” ujar Oki Andri Kurniawan, cheff bubur bakar.

3 Dijual Rp 8.000 per porsi

Untuk menikmati bubur bakar dalam satu porsi ini dijual dengan harga Rp 8.000 harga tersebut belum termasuk berbagai aneka topping yang di sediakan. Dalam satu harinya, bubur bakar Badran Mbah Dipa ini bisa di menjual kurang lebih 200 porsi bubur.

Bubur bakar ini buka setiap hari mulai dari jam 06.00 sampai 09.00.

‘ Biasanya kita tidak sampai jam 09.00 bubur sudah habis duluan ya kita tutup. Dalam setiap hari kita sediakan 200 porsi, tidak nambah karena kita ingin bisa mempertahankan kualitas bubur, ‘ kata Oki.