5 Makanan yang Sering Dijadikan Oleh-Oleh Wisatawan di Bali

Wisatakuliner.org- Berlibur ke Bali memang sangat mengasyikan, di Pulau Dewata, anda bisa menikmati keindahan pantai, alam, ragam keunikan tradisi dan budaya serta makanannya. Jalan-jalan di Bali, tidak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh tradisionalnya.

Sebagai salah satu daerah destinasi pariwisata dunia, Bali memiliki banyak sekali cinderamata seperti pakaian, syal, gantungan kunci, dan berbagai macam pernak-pernik. Makanan khasnya yang bisa menjadi buah tangan juga sangat beragam, berikut 5 oleh-oleh khas Bali terpopuler yang bisa dijadikan buah tangan oleh wisatawan dilansir dari Indonesia Travel :

1. Sarang Walet

Sarang burung walet tentu saja bisa dimakan, setelah diolah. Sarang walet dipercaya banyak manfaatnya, salah satunya bisa untuk mengobati panas dalam. Kalau dilihat bentuknya pasti ngebayangin aneh, tapi rasanya yang unik akan memberikan sensasi berbeda ketka di makan.

2. Pie Susu

Sepertinya hampir setiap orang yang berkunjung ke Bali tidak akan melewatkan oleh-oleh satu ini. Pie Susu selalu menjadi primadona. Rasanya gurih, manis dan lembut di lidah, pie susu mudah ditemukan di toko-toko yang menjajakan kue kering.

3. Keripik Ceker Ayam

Bagi yang suka menikmati hidangan ceker ayam, bisa sekali-kali nih mencoba olahan ceker ayam yang berbeda yaitu dijadikan keripik. Jika biasanya disantap dengan nasi panas dan ceker ayam yang dibalut sambal ataupun dibikin sebagai pelengkap makanan berat.

Saedangkan olahan ceker satu ini dijadikan camilan yang mengenyangkan. Selain lezat juga kandungan kalsium pada tulangnya bisa membantu mengatasi masalah Osteoporosis. Duh nikmatnya membayangkan rasa gurih, dan kriuk-kriuk setiap gigitannya.

4. Kopi Kintamani

Kopi kintamani aromannya begitu harum, kopi ini bukan hanya disukai wisatawan nusantara, namun juga mancanegara. Kopi arabika ini banyak tumbuh di lereng Gunung Batur Kintamani.

5. Kacang Matahari

Kacang Matahari merupakan salah satu ragam kacang-kacangan yang tumbuh di dataran Bali. Sebenarnya termasuk dalam kategori kacang tanah pada umumnya yang telah diolah sedemikian rupa.

Namun di Bali sendiri yang terkenal dan banyak dicari adalah merek dari Kacang Matahari ini. Campuran bumbunya ketika diolah menawarkan rasa yang tidak biasa saat pertama kali menggigitnya.