5 Kuliner Olahan Tahu, Terbayang Lezatnya Bikin Lapar

Wisatakuliner.org- Beragam kuliner khas Indonesia menjadi salah satu daya tarik sendiri pada setiap kota, seperti berbagai kuliner olahan tahu yang sangat nikmat dan khas.

Tahu, makanan yang berasa dari biji kedelai tersebut tidak perlu diragukan lagi rasanya, anda bisa menikmati kuliner tahu sebagai makanan ringan ataupun diolah menjadi makanan berat yang tidak kalah enak.

Jika di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam jenis tahu, mulai dari tahu putih, tahu kuning, tahu pong dan lain sebagainya. Beberapa daerah di Indonesia banyak yang menjadikan tahu sebagai bahan utamanya dalam suatu masakan, sebab rasanya yang gurih.

Dikutip dari laman okezone.com, berikut berbagai kuliner olahan tahu.

1. Tahu Telur atau Tahu Tek

Kuliner khas Jawa Timur ini biasa dikenal dengan tahu telur atau tahu tek, dilihat dari bahan hingga ke proses pembuatannya sama saja hanya yang membedakan adalah kalau tahu telur, tahu yang sudah matang dan dipotong kecil menyerupai dadu digoreng kembali dengan balutan telur. Sedangkan tahu tek tidak digoreng kembali dengan balutan telur. Menikmati dengan dilengkapi potongan lontong, taoge, timun dan pelengkap lainnya dipotong kecil-kecil. Llau setelah siap semua, tahap akhirnya adalah dengan menyiram saus kacang di atasnya. Pada bumbu saus kacangnya yang membedakan adalah pada umumnya menggunakan campuran petis di dalamnya. Sehingga kesan gurih, manis menjadi rasa dominan yang melebur ketka hinggap di lidah. Tidak lupa juga kerupuk sebagai penambah nikmat sajian tahu telur.

Fakta menarik munculnya nama “tek” karena pada masanya banyak penjual makanan iniyang menjajakannya dengan berkeliling membawa gerobak dorong. Lalu sering mengeluarkan suara tek..tek… dari gunting yang digunakan untuk memontong bahan-bahannya, ataupun terkadang sengaja diketukan pada bagian sisi gerobak.

2. Tahu Campur

Kuliner khas Lamongan, Jawa Timur lainya ada tahu campur, yang isiannya sangat komplit dan dijamin kenyang hanya dengan satu porsi saja. Tahu enggak sih dalam serpiring tahu campur, terdapat tetelan sapi, perkedel singkong, taoge, mie kuning, selada, dan tentu bahan utamanya yaitu tahu goreng. Hampir sama dengan kuliner tahu khas Jawa Timur lainnya, yaitu menggunakan bumbu petis sebagai kuah siramannya. Belu lagi tambahan kerupuk udang, sambal, serta bawang gorengnya. Wih, enggak kebayang deh gimana lezatnya menyantap tahu campur ini.

3. Tahu Acar

Tidak hanya Jawa Timur yang memiliki kuliner khas dengan olahan bahan dari tahu, Solo, Jawa Tengah juga punya menu olahan tahu yakni Tahu Acar. Bukan cuma kupat tahu saja yang terkenal, tahu aca pun punya ciri khas rasa tersednriri. Sebenarnya keduanya hampir sama dalam penyajiannya hanya saja kuah atau siramannya yang membedakan. Kalau kupat tahu lebih bertekstur kental, jika tahu acar lebih berair (encer). Tak kalah lezatnya, tahu acar terdiri dari tahu goreng tentugnya, lalu mie kuning, taoge, kol, tomat, kacang goreng, irisan cabai rawit, dan tidak lupa acar mentimunnya. Kuah dari acara mentimun ini yang akan memberikan rasa asam dan menyegarkan pada santapan tersebut. Pada beberapa tempat ada yang menambahkan gula jawa dalam campurannya sehingga rasa yang dihasilkan sangat beragam. Manis, asam, gurih, dan pedas semuanya menyatu dalam satu sajian saja. Hayo siapa yang belum pernah mencoba tahu acara? Sayang banget loh kalau dilewatkan.

4. Tahu Gejrot

Kalau yang satu ini biasa disantap sebagai camilan oleh orang Indonesia. Kuliner khas Cirebon, Jawa Barat merupakan amakan yang hanya menjadikan tahu sebagai satu-satunya bahan utama. Sebelum disajikan tahu hrus sudah dalam kondisi matan leb ih dulu,. lalu baru setelah itu potong dalam beberapa bagian dan disiram dengan kuah khasnya yaitu campuran cabai yangdiulek atau dihalusklan dengan bawang putih, bawang merah, gula, dan sedikit garam. Uniknya tahu gejrot umum disajikan menggunakan layah ukuran kecil, lalu makannya pun dengan tusukan gigi. Jajanan yang lazim ditemui di mana saja, bahkan di kota-kota besar sudah banyak dijumpai.

5. Tahu Gimbal

Kalau sebelumnya dari Jawa Tengah ada tahu acar, sedangkan yang satu ini ada Tahu Gimbal. Kuliner asal Semarang berikut ini tedapat isian gimbalnya atau umumnya dikenal dengan udang goreng tepung. Dilengkapi dengan tahu yang pastinya, kol mentah, taoge, telur, dan juga lontong. Bumbunya pun unik loh, yaitu bumbu kacang dengan campuran petis udang, sudah bisa terbayang kan bagaimana itu nikmatnya dnegan campuran si gimbal gurih.