Di Kudus Ada Soto Kalkun yang Segar dan Rendah Kolesterol

Wisatakuliner.org- Selain soto kerbau, Kudus punya kuliner soto menarik lainnya yakni berupa soto kalkun, kuah yang segar dipadu dengan daging yang empuk juga rendah kolesterol.

Kota Kudus yang berada di Jawa Tengah ini tidak selalu dikenal dengan kuliner soto kerbau. Di salah satu kedai di Desa Tanjungkarng, Kecamatan Jati, Kudus terdapat menu soto kalkun. Rasa kuahnya yang segar dan daging kalkun yang empuk membuat para pembeli selalu penasaran untuk mencoba makanan soto kalkun ini, terlebih daging kalkun sangat rendah kolesterol.

Pemilik warung Kalkun Raos Eco, Heri Afriza menjelaskan menu soto kalkun menjadi menu andalan di warungnya yang baru dimulainya pada bulan Februari 2020 kemarin. Menurutnya banyak pengunjung yang ingin menikmati soto kalkun. Heri mengungkapkan, untuk pembuatan soto kalkukn ini tidak jauh berbeda dengan pembuatan soto pada umumnya. Untuk kuahnya akan tetap menggunakan kaldu ayam namun untuk dagingnya berupa kalkun.

Daging kalkun yang digunakan untuk isian soto ini adalah bagian paha yang di potong tipis-tipis kemudian dibeikan kuah soto kalkun ditambah telur ayam dan campuran lain seperti taburan koya, mie, slede, bawang goreng dan taburan koya. Untuk bisa menyantap soto ini para pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, hanya dengan 10.000 saja sudah bisa menikmati soto kalkun yang nikmat dan rendah kolesterol ini.

Warung Kalkun Raos Eco ini buka setiap harinya hanya dua jam saja, mulai dari jam 6 pagi hingga jam 8 saja. Untuk satu hari warung ini bisa menghabiskan 25 porsi soto ayam kalkun, jika pas sepi-sepinya hanya bisa menghabiskan 15 sampai 17. Menu sajian daging kalkun dipercaya memiliki manfaat dari segi kesehatan. Heri mengaku untuk pembelinya datang dari berbagai daerah mulai dari Kudus, Pati bahkan ada juga yang dari Semarang.

Selain menu andalan Soto Kalkun, di warung ini juga banyak menu lainya dengan berbagai olahan kalkun. Seperti tongseng kalkun, swike kalkun, kalkun bakar, rica-rica kalkun, sate kalkun dan masih banyak yang lainnya. Untuk harganya bisa dibilang cukup murah yakni kisaran antara 10.000 sampai dengan 25.000.