7 Soto Khas Indonesia Wajib Dicoba, Bikin Ketagihan

WisataKuliner.org- Soto merupakan salah satu kuliner paling populer di Indonesia, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki soto sendiri dengan cita rasa yang khas masing-masing.

Indonesia memang surganya kuliner, berbagai macam kuliner yang unik dan lezat dapat ditemukan di Indonesia. Sampai-sampai soto khas Indonesia saja memiliki banyak ragam dan varian, mulai dari isian, jenis kuah, serta bahan yang pelengkapnya berbeda satu dengan yang lainnya. Dari banyaknya soto yang ada di Tanah Air, berikut kami rangkum 7 macam soto yang wajib anda coba :

1. Soto Lamongan

Sesuai dengan namanya soto ini meruoakan soto khas daerah Lamongan, Jawa Timur. Soto Lamongan biasanya disajikan dengan suwiran ayam kampung yang empu, potongan kol, bihun dan potongan daun bawang yang kemudian disiram dengan kuah.

Soto ini memiliki ciri khas bubuk koya, yang terbuat adari campuran bawang goreng dengan kerupuk udang. Koya ditambahkan sebagai pelengkap Soto Lamogan sehingga rasanya menjadi semakin gurih.

2. Soto Mie Bogor

Disebut Soto Mie Bogor karena soton ini disajikan dengan mie kuning atau mie telur, dan merupakan soto yang lazim ditemukan di Bogor. Selain mie, soto ini dilengkapi dengan kol, risoles, babat, kikil, daging sapi, dan soto ini biasanya dihidangkan tanpa nasi. Dengan kuahnya yang bening sedikit kemerahan sangat menggoda untuk segera melahapnya.

3. Soto Betawi

Jakarta juga memiliki soto yang lezat dan populer, tidak hanya di Jakarta namun hampir di setiap daerah Anda dapat menemukan dengan mudah Soto Betawi.

Soto ini memang memiliki cita rasa yang istimewa, memiliki kuah santan yang gurih berpadu sempurna dengna bumbu rempah, namun saat ini ada juga Soto Betawi dengan kuah menggunakan susu.

Untuk isiian Soto Betawi terdapat daging dan jeroan sapi, dan biasanya disajikan bersama dengan jeruk nipis, sambal, minyak samin, acar, emping, dan tak lupa nasi hangat.

4. Soto Medan

Soto medan memiliki cita rasa yang hampir sama dengan Soto Betawi, yaitu disajikan dengan kuah santan yang gurih. Namun Soto Betawi memiliki kuah yang kental dan berwarna kuning serta menyebarkan aroma kapulaga yang berpadu dengan berbagai rempah-rempah.

Soto Medan biasanya diisi dengan daging ayam atau sapi, perkedel kentang, emping, telur dan tomat. Ada juga yang menambahkan tauge dan bihun ke dalam soto.

5. Soto Bandung

Berbeda dengan soto lainnya, soto khas Bandung ini memiliki kuah bening dari kaldu sapi yang bumbunya hanya diiris tipis-tipis, dengan begitu kuah soto ini menghasilkan rasa yang ringan dan segar yang khas.

Irisan lobak menjadi ciri khas dari soto ini, juga taburan kacang kedelai goreng serta daging yang diiris serupa potongan dadu. Meski Soto Bandung terlihat sederhana, namun rasanya tidak kalah istimewa dari soto lainnya.

6. Soto Banjar

Soto ini berasal dari Kalimantan, namanya pun diambil dari salah satu nama suku di sana. Soto Banjar memiliki kuah yang bening namun kaya dengan rempah-rempah. seperti kayu manis., biji pala, dan cengkeh yang menjadi cita rasa khas soto ini. Isiannya ada suwiran daging ayam, perkedel, telur, dan disajikan dengan potongan lontong atau ketupat.

7. Soto Padang

Masakan Padang memang terekenal nikmat, begitu juga dengan sotonya. Soto Padang memiliki kuah yang bening dengan cita rasa gurih, asam dan segar. Kuahnya menggunakan kaldu sapi yang membuat gurih, dan campuran cuka yang membuat rasanya sedikit asam.

Soto ini memiliki aroma harus yang muncul dari daun jeruk, serai, jahe dan daun bawang. Soto Padang disajikan dengan irisan daging sapi yang digoreng kering, bihun, dan perkedel kentang.

Itulah beberapa macam soto khas Indonesia. Semua soto yang terdapat di Tanah Air wajib anda cicipi. Karena selain citarasanya yang nikmat, berbagai soto tersebut juga memiliki cita rasa khas tersendiri.