Resep Makaroni Kukus Keju, Juicy dan Lembut di Mulut

Wisata Kuliner – Makaroni merupakan bahan makanan jenis pasta yang bisa di olah menjadi berbagai macam masakan. Meski bukan berasal dari Indonesia, namun seiring dengan perkembangan zaman banyak olahan macaroni yang di buat.

Makaroni banyak di buat dan di sesuai dengan selera lidah orang Indonesia. Penasaran apa saja olahan makaroni yang enak? Berikut resep dari makaroni keju kukus dengan rasa juicy dan lembut di mulut!

1 Bahan-bahan yang di butuhkan

Bahan utama:

200 gram makaroni

2 telur ayam

200 gram keju cheddar

Bahan Tumis:

3 sendok makan margarin

1 buah bawang Bombay

209 gram daging sapi asap

100 gram jagung manis

100 gram wortel

400 ml air

5 sendok makan krim susu

½ sendok teh bubuk bawang putih

Merica dan pala secukupnya

Garam, gula pasir, kaldu jamur secukupnya

2 Rebus Makaroni Setengah Matang

Pertama rebus makaroni setengah matang, sambil menunggu makaroni siap digunakan, kocok 2 butir telur, dan parut keju cheddar. Sisakan sedikit keju parut untuk di sajikan taburan topping.

3 Buat Tumisan

Selanjutnya ialah membuat bahan pelengkap makaroni keju kukus. Cincang halus bawang Bombay dan jagung manis serut halus, potong wortel menjadi kubus dengan ukuran yang relatif kecil serta potong daging asap menjadi kotak.

4 Tumis Bumbu Halus Hingga Harum

Untuk membuat bumbu halus, panaskan margarin lalu tumus bawang Bombay, daging sapi, jagung manis dan wortek hingga layu. Tambahkan bubuk bawang putih, merica, pala, garam, gula pasir, kaldu jamur, susu, dan air secukupnya. Setelah itu masak sampai mendidih dan biarkan dingin.

5 Kukus Atau Oven Sampai Matang

Siapkan wadah lalu masukan tumis yang sudah matang tadi, makaroni rebus, telur kocok, dan 100 gram keju. Aduk hinggra rata dan koreksi rasa. Siapkan loyang yang sudah di lapisi alumunium foil atau bisa di olesi margarine. Tuang adonan ke dalamnya lalu taburkan sisa keju di atasnya. Kukus atau oven selama kurang lebih 15-20 menit sampai matang, angkat dan sajikan.

Itu dia resep dari Makaroni Keju Kukus yang rasanya lumer di mulut. Aroma dari keju dan bumbu yang ditumis akan membuat siapa saja ngiler dengan makanan yang satu ini. Selamat mencoba!