Kue Lumpur Surga, Lembut, Enaknya Bikin Nagih

Kue legit dan rasa pandan ini berasal dari Banjarmasin. Tidak hanya menjadi camilan yang enak saat bosan, kue lumpur surga juga cocok untuk kamu sajikan saat ada acara spesial. Mulai dari arisan hingga syukuran, dijamin laris manis, deh.

Kue ini terbuat dari tepung beras, gula pasir, dan santan sehingga rasanya sangat manis dan gurih. Cukup sulit mencari penjual yang jual kue ini, jadi kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep di bawah ini.

1. Bahan yang dibutuhkan

Bahan adonan hijau:

60 ml santan
50 gram ekstrak daun pandan dan daun suji
100 ml air
2 telur
2 sendok makan tepung terigu
5 sendok makan gula pasir
garam secukupnya
vanilla secukupnya
Bahan adonan putih:

60 ml santan
200 ml air
2 sdm tepung beras
1 sendok teh garam

2. Buat adonan hijaunya dulu

Siapkan panci kukus terlebih dahulu di atas kompor. Tuang air dan biarkan panas secukupnya. Kemudian, tinggalkan panci kukusan dan mulailah mengaduk adonan. Tambahkan santan, ekstrak daun suji dan pandan, telur, tepung terigu, gula pasir, garam, dan vanili.

Setelah itu, aduk semua bahan hingga tercampur rata. Tambahkan juga air secukupnya dan aduk kembali hingga menjadi adonan. Jika sudah, segera saring hingga tidak ada lagi gumpalan adonan.

3. Aduk semua bahan adonan putih

Tuang adonan hijau ke dalam cetakan, lalu masukkan ke dalam wajan dan kukus kurang lebih 20 menit. Kukus dengan api sedang saja agar nantinya tidak mudah gosong. Lalu, sambil menunggu, buat adonan putihnya.

Siapkan wadah, lalu masukkan santan, air, tepung beras dan sedikit garam ke dalamnya. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan terasa kental. Sisihkan terlebih dahulu sambil menunggu adonan berwarna hijau matang.

4. Kukus lagi kue sampai matang

Buka kukusan dan keluarkan seluruh cetakan yang berisi adonan berwarna hijau. Periksa kematangannya, lalu tuang adonan putih tersebut perlahan-lahan di atas adonan hijau hingga merata. Lakukan hingga adonan putih habis.

Selanjutnya jika sudah benar-benar terisi segera tutup kukusan dan masak kembali selama 10-15 menit. Jika sudah matang keluarkan kue lumpur surga dan sajikan hangat-hangat atau bisa juga disimpan di lemari es terlebih dahulu.

5. Tips yang bisa Anda terapkan

Membuat kue lumpur surga yang lezat tidaklah sulit. Namun, Anda membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam proses pembuatannya. Simak tips berikut biar rasanya makin enak.

Gunakan telur yang masih segar agar kue lumpur surga tidak berbau amis. Selain itu, kuning telur juga berperan untuk merekatkan adonan lho.
Hindari terlalu keras saat mengaduk adonan santan, karena bisa menyebabkannya pecah. Kalau begitu, kuenya nanti akan terasa aneh.
Kukus kue dengan api sedang hingga kecil, agar adonan hijaunya tidak mengembang.

Itulah resep membuat kue lumpur surga yang lembut dan manis. Kini kamu tidak perlu bingung lagi saat ingin membuat jajanan saat di rumah. Selamat mencoba dan semoga hasilnya bagus ya!