5 Oleh-Oleh Makanan Khas Surabaya Favorit Wisatawan

Wisatakuliner.org- Oleh-oleh menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan di setiap daerah tentu memiliki ciri khas yang mampu mengggugah mata para pengunjung yang datang.

Seperti di Surabaya yang tidak hanya memanjakan dengan potensi wisata, namun juga oleh-oleh khasnya. Sebagai ibu kota dari Jawa Timur, Surabaya menjadi salah satu kota terfavorit yang dikunjungi saat musim liburan tiba.

Kota dengan luas 350,54 kilometer persegi ini pernah menjadi kota terbersih di Indonesia. Oleh karena itu akan banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah ini dan juga mencari oleh-oleh kenang-kenangan. Berikut 5 oleh-oleh khas Surabaya yang wajib dibeli :

1. Lapis Surabaya

Legitnya kue terbaikdari seluruh dunia ini tidak bisa mengalahkan siapa pun. Variasi rasa yang ada membuat wisatawan tergoda untuk mencobannya. Biasanya lapis Surabaya terdiri dari tiga lapisan dimulai dari kuning, coklat, dan kuning kemudian diisi oleh berbagai selai mulai dari blueberry hingga strawberry.

Kue ini dapat ditemui di toko kue atau tempat oleh-oleh yang ada di kota Surabaya tersebut. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung kualitas dan kuantitasnya. Dimulai dari 20.000 hingga ratusan ribu.

2. Bandeng Asap

Ikan Bandeng memiliki nilai gizi yang tinggi, salah satunya dapat menjaga fungsi penglihatan dan kekebalan tubuh. Banyak tempat oleh-oleh yang menyajikan ikan bandeng sebagai buah tangan. Harganya masih cukup terjangkau yakni sekitar 35.000 sesuai dengan ukurannya.

Proses pematangan ikan ini digantung di atas asap hingga warnya kuning kecoklatan. Rasanya yang khas menjadi daya tarik bagi pecinta kuliner. Jika hendak membelinya, pilihlah yang baru matang karena Bandeng asap lama kelamaan akan terasa asin dan dagungnya terasa keras.

3. Oseng Tuna Asap

Oseng tuna asap menjadi makanan terfavorit berikutnya, sama seperti bandeng asap, oseng tuna juga menggunakan asap untuk proses pematangannya. Dibuat dari ikan tuna segar yang dibuang duri dan isian perutnya lalu diasapi hingga matang.

Harga yang ditawarkan mulai dari 55.000 dengan berat 500 gram dan terbagi menjadi dua varian rasa yakni pedas juga oringinal.

4. Jenang dan Sirup Mangrove

Biasanya, saat berkunjung ke pesisir pantai akan terlihat hutan mangrove. Di Surabaya, tanaman mangrove akan dijadikan hidangan lezat yang menggugah selera. Jenang mangrove memiliki warna cokelat dengan tekstur legit dan kenyal serta dibungkus menggunakan pelepah pisang.

Sedangkan sirup memiliki rasa yang asam dan manis. sirup ini dipercaya memiliki kandungan vitamin A dan C serta yodium juga antioksidan yang baik untuk tubuh. Harga untuk sekotak jenang mulai dari 10.000 dan sirup 35.000

5. Emping Belinjo Udang

Tanaman ini biasanya dioleh menjadi emping yang memiliki cita rasa gurih, manis dan sedikit pahit. Namun di Surabaya. anda dapat menemukan belinjo yang diisi dengan udang. Olahan belinjo ini memiliki citarasa yang manis dan gurih karena diberikan tambahan udang asli.

Selain manis, terdapat varian rasa pedas manis. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau yakni sekitar 25.000 tergantung dengan ukurannya. Rasanya yang unik dapat dijadikan lauk atau sekedar camilan saja.