Inilah Lima Daftar Makanan Khas Sumatera Selatan Terpopuler.

Kuliner Indonesia – Jika membahas tentang makanan khas Sumatera Selatan yang pertama terlintas adalah pempek.

Padahal selain pempek masih ada banyak makanan asal Bumi Sriwijaya yang menggugah selera. Seperti 5 makanan khas Sumatera Selatan yang ada di bawah ini.

Salah besar jika Anda mengira pempek adalah satu-satunya makanan dari Sumsel yang paling nikmat.

Karena pada kenyataannya ada banyak sekali jenis makanan selain pempek yang juga mempunyai cita rasa yang lezat.

Makanan khas Sumatera Selatan :

1. Tekwan :

Tekwan merupakan makanan asal sumatera selatan yang terbuat dari bahan dasar ikan dan campuran tapioka. Makanan ini hampir mirip dengan model yang mana ia disajikan bersama kuah udang asli dari Sumatera Selatan.

Meski banyak yang mirip dengan model, namun keduanya tetap memiliki perbedaan yang terletak pada isian. Jika model diisi dengan tahu cina, maka pada tekwan isian tersebut ditiadakan.

Namun meski begitu tak mengurangi cita rasa dari tekwan yang memang sudah nikmat meski tanpa isian tahu cina. Apalagi bahan atau toppingnya juga super lengkap mulai dari gorengan, soun, jamur kuping dan juga irisan buah bengkuang.

2. Laksan :

Selain tekwan, di daerah Sumatera Selatan juga ada satu lagi makanan khas yang diberi nama laksan. Makanan yang satu ini terbuat dari ikan dan tepung sagu yang dibuat mirip dengan pempek khas Palembang.

Hanya saja, cita rasanya jauh lebih nikmat karena menggunakan kuah kental mirip dengan kuah lontong sayur. Bedanya, kuah laksan berwarna merah dengan dominan rasa gurih yang didapat dari santan kelapa.

Gurih kuah laksan tidak hanya didapat santan kelapa namun juga tambahan udang kering dan aneka jenis bumbu dan rempah. Bumbu-bumbu tersebut meliputi bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar dan lain sebagainya.

Laksan ini juga mudah untuk didapatkan karena hampir dijual di seluruh penjuru kota sumatera selatan. Harganya juga lumayan murah dan cocok untuk dijadikan makanan pengganjal perut saat pagi hari.

3. Lakso :

Lakso sendiri terbuat dari tepung beras dan juga tepung sagu yang kemudian diolah menjadi miJika sebelumnya ada laksa, selanjutnya ada lakso yang menjadi salah satu makanan paling digemari oleh masyarakat Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang.

Makanan yang satu ini selain enak bentuknya cukup unik dan hanya terdapat di Palembang.e yang dibentuk saling menggulung dan menempel satu sama lain. Di daerah asalnya, ia biasa disajikan dengan kuah santan plus kaldu ikan gabus .

Soal rasa makanan ini bisa dikatakan sebagai makanan khas Palembang yang paling lezat. Tak heran jika banyak penjual lakso yang semuanya tidak pernah sepi dari pada pembeli baik dari dalam kota maupun dalam kota Palembang.

4. Mie Celor :

Jelajah kuliner di Sumatara Selatan anda belum tidak lengkap jika belum mencicipi menu Sumatra Selatan yaitu mie celor, Ia merupakan mie biasa yang disajikan dengan aneka jenis toping seperti Telur, Seledri, Tau ge, Kuah santan dan Jeruk nipis peras.

Cara penyajian mie celor juga lumayan unik karena sebelum bahan diberi kuah santan ia lebih dulu disiram dengan air panas, Mie Celor sangat nikmat disantap saat malam hari untuk menghangatkan badan saat musim dingin.

5. Kerupuk Kemplang :

Kemplang merupakan makanan ringan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari ikan gabus atau ikan tenggiri. Kemplang ini biasanya berbentuk bulat yang mana diameternya sekitar 5 hingga 7 cm.

Di daerah asalnya, kemplang terbagi menjadi berbagai macam jenis seperti kemplang getas, panggang, kemplang keriting, kemplang mangkuk dan kemplang koin. Tekstur dari kemplang ini sendiri sangat renyah dan cocok dimakan dengan saus sambal.