5 Ide Sajian Polenta, Mudah dan Enak Banget!

Kuliner Indonesia – Polenta merupakan sejenis olahan yang terbuat dari tepung jagung khas Italia. Ciri dari polenta adalah warnanya yang kuning dengan tekstur sedikit lebih kental. Berbagai olahan Polenta sangat digemari dan terbilang cukup populer bahkan olahan ini dijadikan sebagai makanan pokok bagi sebagian orang Italia.

Bagi kamu yang penasaran dengan ragam penyajian polenta, berikut 5 daftar sajiannya.

1. Klasik Polenta

Menu yang satu ini memang sangat cocok disajikan apabila kamu tak mau repot dalam mengolah polenta. Ciri khas dari menu ini adalah tekstur lembutnya yang berpadu dengan konsistensi kental. Biasanya polenta juga dipadukan dengan aneka bahan-bahan tambahan seperti tumisan jamur, bacon, daging sapi cincang atau telur rebus.

2. Polenta Goreng

Ingin menikmati polenta sebagai menu camilan? Tentu saja bisa. Kamu dapat memilih polenta yang diolah dengan cara digoreng. Polenta yang satu ini memiliki tekstur yang renyah di luar, namun lembut di dalam.

3. Baked Polenta

Menu yang satu ini sangat cocok disajikan apabila kamu ingin cara yang praktis. Polenta yang telah dipotong-potong atau dicetak, kemudian akan dipanggang. Nantinya polenta memiliki tekstur sedikit renyah, namun masih terasa lembut. Polenta panggang akan sangat cocok disajikan dengan tambahan saus dan keju.

4. Creamy Cheesy Polenta

Apabila kamu tak dapat lepas dari cita rasa gurih dan creamy, maka kamu dapat memilih olahan polenta yang satu ini. Polenta ini memadukan antara keju, susu, dan mentega tawar. Tentunya sensasi rasa yang disajikan sangat berbeda dan creamy.

5. Polenta Bakar

Cara mengolah polenta yang satu ini mungkin sedikit berbeda dan tak biasa, yaitu dengan cara memanggangnya. Polenta akan dibakar hingga kemudian memiliki jejak-jejak bakaran.

Teksturnya tentu saja lebih renyah pada bagian luar dan lembut pada bagian dalam. Aroma yang keluar juga punya ciri khas tersendiri.