5 Kudapan Khas Malaysia Ini Bentuknya Sama Seperti Kudapan Khas Indonesia, Seperti Apa?

Wisatakuliner.org – Tidak hanya tetanggaan, Indonesia dan Malaysia juga memiliki banyak kesamaan tradisi dan budaya, banyak sekali kemiripan antara keduanya. Salah satunya dibidang kuliner. Pasembur, misalnya. Makanan berbahan dasar sayuran yang diguyur sambal kacang tersebut mirip dengan kuliner lokal, gado-gado.

Jika itu menjadi kuliner utama, berikut ini ada lima kudapan khas Malaysia yang sama rasa dengan Indonesia tapi beda nama.

1. Roti telur

Sama-sama memiliki pelengkap berupa kari daging, roti telur adalah panggilan lain dari roti canai di Malaysia. Roti yang merupakan alkuturasi budaya India dan Melayu ini amat digemari sebagai kudapan pengganti nasi yang cukup mengenyangkan.

2. Kuih bahulu

Berukuran mungil dengan bentuk cukup khas, kuih bahulu dikenal di Indonesia dengan banyak sebutan. Di Magetan menyebutnya sebagai bolu magetan. Sedangkan di daerah lain, menyebutnya bolu klemben atau bolu cukke untuk wilayah Indonesia bagian timur.

Apa pun sebutannya, kudapan empuk nan lezat ini terbuat dari bahan dasar yang sama yaitu tepung terigu dan telur. Kuih bahulu punya varian rasa juga seperti cokelat, pandan, gula merah, dan buah.

3. Keropok lekor

Berbahan dasar tepung sagu atau kanji dan ikan cincang, keropok lekor serupa dengan otak-otak namun dimasak dengan cara digoreng hingga kering. Sama-sama gurih, keropok lekor disajikan dengan saus sambal yang punya rasa sedikit asam.

4. Kuih serimuka

Di Indonesia, kuih serimuka mirip dengan kue talam pulut. Punya dua lapisan warna berbeda, putih dan hijau.

Kuih serimuka terbuat dari beras ketan, santan, dan daun pandan. Kedua kue tradisional ini sering dipilih sebagai kudapan untuk memanjakan lidah kala santai.

5. Karipap

Ukuran karipap hampir seperti panada yang cukup besar. Tapi, kudapan ini sejenis kue pastel khas Malaysia. Isi karipap pun sama seperti pastel dengan beragam pilihan. Bisa ikan, daging, hingga sayuran.