Wajib Coba, 7 Minuman Es Dingin Khas Bali Segarnya Bikin Adem Tenggorokan

Wisatakuliner.org – Bali memang dikenal memiliki daya tarik wisata alam yang bikin penasaran. Salah satu yang paling disukai adalah pantai. Maka tak heran Bali selalu menjadi tempat favorit bagi para wisatawan lokal maupun internasional. Mesti dalam cuaca panas di pantai, cukup menyenangkan tapi sensasi rasa haus tenggorokan menjadi salah satu tantangan untuk bisa menikmati minuman es dingin tradisional yang bisa bikin segernya tenggorokan.

Buat kamu yang ingin liburan ke Bali, Berikut 7 rekomendasi kuliner minuman es tradisional khas Bali yang wajib di coba. Beberapa dari minuman khas ini memiliki rasa yang unik, mulai manis, asam, pahit, gurih hingga pahit. Penasaran pengen mencobanya? Simak Yuk!

1. Es Tambring

Es tambring merupakan kombinasi dari es, daging kelapa muda dan putih telur. Unik dan dijamin tak berbau amis karena tambahan bahan lain seperti gula jawa dan asam jawa.

2. Es Gula Bali

Terbuat dari campuran air, es batu dan sirup. Sirup ini asalnya dari gula yang dicairkan, lalu dikasih pewarna makanan. Sederhana memang tapi segarnya beneran maksimal. Warnanya juga menarik. Ada merah, hijau dan lainnya.

Minuman ini selalu ada di rumah makan lokal Bali. Jadi mudah banget dicari. Es gula paling cocok buat teman pendamping makanan pedas. Dijamin langsung bikin tenggorokan adem.

3. Es Bir Bali

Meski namanya bir tapi minuman ini sama sekali tidak berkomposisi alkohol. Es bir merupakan es kelapa muda dengan tambahan jeruk nipis. Rasanya manis alami dan ada sensasi asinnya sedikit. Serutan daging kelapa mudanya paling juara. Kalau diteguk saat siang hari, pasti mantap banget.

4. Es Loloh Cemcem

Es loloh merupakan minuman herbal khas Bali yang disukai karena rasanya segar dan bagus untuk kesehatan. Diantaranya mampu menjaga tekanan darah, mencegah bau badan dan masih banyak lagi. Varian minuman loloh ini banyak banget yang rata rata berbahan daun daunan. Ada yang terbuat dari daun cemcem, daun sirih, daun dhapdhap atau jarak pagar. Rasanya komplit dari manis, asin, pedas sampai sedikit pahit.

5. Es Daluman

Bahan baku dari es daluman adalah cincau hijau. Cara penyajiannya pun sedikit berbeda yakni tambahan gula merah pada proses pengolahan cincaunya. Untuk penyajiannya terdiri dari campuran santan, cincau dan es batu tentunya. Tak hanya nikmat tapi juga bagus untuk melancarkan pencernaan. Kamu bisa menemukan es daluman ini di beberapa warung tradisional di Bali hingga kafe yang menjual kuliner khas Bali.

6. Es Kolak Ancruk

Minuman khas Singaraja ini isiannya beraneka ragam. Ada es serut, sirup, bubur sumsum, kolang kaling, agar agar, kolak, ancruk dan kuah santan. Ancruk ini sekilas mirip jenang grendul dari Jawa.

Ancruk dibuat dari tepung ketan yang dicampur air panas lalu dibentuk bulatan. Untuk kolaknya diolah dari potongan pisang rasa matang yang dimasak bersama gula pasir, daun pandan dan santan. Kalian bisa menemukan es ini hampir di setiap sudut kota Bali terutama wilayah Singaraja. Dijamin segar dan mengenyangkan.

7. Es Kuwut

Es kuwut berkomposisi serutan daging kelapa muda, biji selasih, melon dan kucuran jeruk nipis. Es kuwut ini segar jika diminum siang hari. Apalagi ada tambahan jeruk nipis yang mengandung vitamin C sebagai daya tahan tubuh.