Sehatnya Sayut Garu Khas Ternate

Wisatakuliner.org – Sehat, satu kata inilah yang akan muncul di benak kita ketika pertama kali mencicipi masakan khas ternate yang satu ini. Sayur garu namanya, sejenis tumisan sayur campur yang dimasak sebagai pelengkap makanan lainnya. Sayur garu memang terlihat sederhana, akan tetapi menjadi pelengkap wajib yang terasa kurang bila tidak disajikan.

Sayur garu adalah makanan yang menyehatkan karena terdiri dari berbagai macam sayuran yang dimasak bersama. Sayur – sayuran ini antara lain adalah jantung pisang, daun ubi, dan daun papaya. Biasanya, masyarakat ternate menyantap sayur garu layaknya salad pada makanan – makanan internasional. Anda tidak perlu khawatir untuk urusan rasa, sayur garu dimasak dengan menggunakan bahan – bahan organic dan rempah pilihan khas ternate sehingga sudah dapat dipastikan kenikmatannya.

Tidak hanya nikmat untuk disantap, karena sayur garu adalah makanan yang berupa sayuran, maka manfaatnya bagi tubuh manusiapun cukup banyak. Selain anti-oksidan pencegah sel kanker. Sayur garu adalah makanan rendah kolesterol dan sangat bersahabat bagi kesehatan tubuh manusia. Makanan ini sangat cocok bagi kita yang sering mengkonsumsi daging dan makanan – makanan berbahan kimia.

Sebenarnya sayur garu mirip dengan sayuran tumis khas Sulawesi utara. Hal ini dapat dipahami karena letak geografis ternate yang lebih mendekat ke Sulawesi utara. Rasanya juga tidak jauh berbeda, akan tetapi untuk sayur garu khas ternate rasa pedasnya tidak terlalu mencolok seperti pada masakan khas Sulawesi utara.

Memasak sayur garu cukup sederhana dan mudah. Sayuran dicampur menjadi satu dan ditumis menggunakan minyak serta beberapa bumbu penambah citarasa. Sayur garu adalah citarasa khas ternate yang mewakili keanekaragaman Indonesia. Walaupun bukan makanan utama, namun sayur garu mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga tubuh dan keseimbangan kenikmatan yang menjadi makanan utama.