7 Makanan Khas Medan yang Cita Rasa Gurih dan Nikmat, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang

Wisatakuliner.org, Medan – Medan adalah ibu kota Sumatera Utara menawarkan daya tarik sendiri bagi wisatawan, salah satunya makanan khas kulinernya dengan mencicipi beberapa sajian kuliner yang khas terasa nikmat banget!

Makanan khas Medan punya cita rasa khas yang banyak dicari oleh pencinta kuliner. Ada yang manis, pedas, gurih serta dari makanan ringan hingga makanan berat. Berikut ini kuliner Medan yang patut kamu coba.

1. Lontong Medan

Kuliner satu ini adalah menu sarapan dari Medan. Seporsinya terdiri dari lontong dengan sayuran kuah santan berwarna kuning kemerahan. Ditambah pula pelengkap mi, sambal teri, kacang goreng, dan tauco. Rasa lontong medan menjadi agak asam khas dari penambahan tauco.

2. Mie Gomak

Mie gomak bisa dibilang spagetinya orang Medan. Ya, mie gomak jadi sajian makanan khas Medan yang wajib kamu cicipi. Sebab mie gomak punya cita rasa terbilang cukup istimewa karena dibuat dengan perpaduan bumbu rempah khas Medan yang sedap.

3. Soto Medan

Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas makanan masing-masing, salah satunya menu soto. Begitu pula di Medan, ada soto khasnya yang dinamai soto medan. Soto medan mempunyai ciri khas kuah santan berwarna kuning pucat agak kehijauan dengan rasa bumbu rempah, jintan terasa dominan. Pilihan isiannya ada udang, ayam, dan daging.

4. Sayur Tauco

Sayur gurih tauco adalah sajian berkuah santan dengan cita rasa gurih dan nikmat karena ada tambahan bumbu tauco di dalamnya. Selain nikmat, tambahan tauco juga membuat aroma dari sayur gurih mampu menggugah selera.

Sayur gurih tauco biasa disantap oleh masyarakat Medan saat perayaan lebaran sebagai menu pendamping ketupat. Sensasi gurih kuahnya dijamin bikin hangat dan mengenyangkan.

5. Mie Balap Medan

Dinamakan mie balap karena berawal dari penjual yang menyajikan mie untuk pelanggannya secara cepat, jadi pelanggan tak perlu lama untuk menunggu menikmati sajian mie. Sejak itu sajian ini dinamakan mie balap.

Mie balap sendiri merupakan sajian mie dengan kombinasi bumbu rempah dan disajikan bersama kuah yang makin nikmat disantap bersama pelengkap sambal. Mie balap biasa disantap masyarakat Medan untuk sarapan.

6. Bihun Bebek

Saat berada di Medan, kamu bisa mencoba salah satu kuliner berbahan dasar bihun yang dipadukan dengan daging bebek. Makanan khas Medan ini menyajikan bihun yang diberi kuah dari kaldu daging bebek serta suwiran daging bebek, sambal, dan taburan daun bawang kucai dengan perpaduan sensasi gurih nikmat.

7. Kari Medan

Gak hanya Thailand, Medan juga punya sajian kari yang gak kalah nikmat dengan beragam variasi seperti kari ayam, kari sapi, dan kari bihun yang makin menggugah selera dengan tambahan lauk pelengkap kerupuk, emping, dan sate. Siap mencicipi kuliner kari khas Medan ini?